Pengaruh Kualitas Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Le Minerale Di Palembang
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.57Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian, Le Minerale, PalembangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kualitas produk dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk Le Minerale di Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei menggunakan kuesioner yang melibatkan 102 responden. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian, terutama melalui keunggulan seperti rasa yang menyegarkan, kemasan yang aman, dan mutu yang konsisten. Selain itu, promosi yang dilakukan, seperti iklan digital, sponsorship, dan kampanye media sosial, juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dengan meningkatkan kesadaran terhadap merek. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya kombinasi antara kualitas produk yang unggul dan promosi yang inovatif dalam membangun daya saing Le Minerale di pasar air minum kemasan di Palembang. Penelitian ini memberikan saran kepada perusahaan untuk terus berinovasi dalam kualitas produk dan memperkuat promosi agar dapat mempertahankan posisi di pasar serta meningkatkan loyalitas konsumen.
Downloads
References
Amalia Tasya, & Amirudin. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Berkah Abadi di Pakualam Serpong Tangerang Selatan.
Aryasa Gede I, Anggraini Nita Putu Ni, & Endrawan Yudhi Gede I. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GLUCK CLOTHING. Vol.1. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/818
Devita Yenny Kadek Ni. (2023). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERAJINAN ANYAMAN BAMBU DI DESA SIDETAPA. https://repo.undiksha.ac.id/14764/3/1917041166-COVER.pdf
Ekonomi, F., Unisma, B., Octavia, D., Arifin, R., Khoirul, M., & Broto Suharto, A. (n.d.). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AQUA ( Studi Kasus pada Masyarakat di Kecamatan Pandaan Jawa Timur ). www.fe.unisma.ac.id
Ernawati, D. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HI JACK SANDALS BANDUNG. In Jurnal Wawasan Manajemen (Vol. 7, Issue 1). https://dosen.perbanas.id/docs/wp-content/uploads/2020/06/Jurnal-02-Nasional-Sinta-4-Diah-Ernawati.pdf
Fetrizen, & Aziz Nazaruddin. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK AICOS PRODUKSI PT. BUMI SARIMAS INDONESIA. https://osf.io/preprints/osf/w6dt5
Fitriana, & Rukmayanti. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. https://journal2.uad.ac.id/index.php/fokus/article/view/6671/3141
Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL NISSAN X-TRAIL PADA PT. WAHANA WIRAWAN MANADO. Jurnal EMBA, 5(2), 2221–2229. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/16521
Jesslyne, N. J., Bangsawa, S., Ramelan, M. R., & Bangsawan, S. (2022). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL PRODUK LE MINERALE PT. FRESINDO JAYA TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN. In Jurnal Eko-Bisma | (Vol. 1, Issue 2).
Kualitas Produk, P., Promosi Terhadap Keputusan, D., & Reza Siregar, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu 910 Di E-Commerce Pada PT. Volans. 3(2). https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/2699/1822
Lestari Meti, & Wismantoro Yohan. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga, Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Kota Semarang. VOL 13. https://www.ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalManeksi/article/view/2188
Lubis, A. I., Syamsuri, A. R., & Darwis, M. (2021). JURNAL BISNIS MAHASISWA PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA BURGER KING INDONESIA CABANG SUN PLAZA KOTA MEDAN.
Maky, Z. A., Pradiani, T., & Rahman, A. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE PADA METEORCELL MALANG. VOL: 5. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jubis
Melati. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SIMPATIK CABANG UNAAHA KABUPATEN KONAWE.
Pentingnya Pilih Air dengan Mineral Esensial Seimbang, Lebih Segar dan Sehat. (2023). https://www.leminerale.com/article/detail/Pentingnya-Pilih-Air-dengan-Mineral-Esensial-Seimbang-Lebih-Segar-dan-Sehat
Sandria, S., Jhon, ;, & Delvianti, R. ; (2022). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TV MEREK LG DI PT. MULIA ELEKTRONIK PADANG. JM, 4(3), 581–594. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/665
Saragih, B. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. https://journal2.uad.ac.id/index.php/fokus/article/view/6671/3141
Setiawan, D., Ramadhanti, F. P., Shafana Jasmine, I., Ismawati, M., Awalia, M. O., Wibisono, M. H., & Lestari, M. S. (2024). Impression Laundering of Le Minerale: A Directional Branded Content Analysis. Jobmark: Journal of Branding and Marketing Communication, 6(1), 52–63. https://doi.org/10.36782/jobmark.v6i1.301
Sugianto, A., & Rahman, S. (2019). THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY, PRICE, AND PROMOTION ON PURCHASE DECISION OF SHINYOKU LIGHTS AT CV. SINAR ABADI PEKANBARU (Vol. 7, Issue 2). http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index
Sumilat, S., Lapian, S. L. H. V. J., Trang, D. C. A., Sumilat, S., & Lapian, S. L. H. V. J. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR PADA PT. HASJRAT ABADI YAMAHA SAM RATULANGI. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/40295
Sutisna Nana, & Serlina. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di PT. Surya Bumi Permata. 1(1). https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/756/452
Suyatno, & Zain Irsyadi. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Mobil Toyota Agya: Vol. Vol.2. Audit Commission.
Theodora Sylvia, & Ekowati Sri. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Merek Minuman Le Minerale Terhadap Minat Beli Konsumen Anak Muda Di Wilayah Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gunanda (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.