STRATEGI OPTIMALISASI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT PEMAIN BARU BERGABUNG DENGAN SEKOLAH SEPAK BOLA SSB ESA PRATAMA U15

Authors

  • Giopani Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Author
  • Adhe Saputra Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Author
  • Ahmad Muzaffar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i7.610

Keywords:

Strategi Optimalisasi Instagram, Minat Pemain Baru Bergabung, Sekolah Sepak Bola

Abstract

Berdasarkan paparan di atas pengurus ESA Pratama U15 mencoba memberikan suatu penjelasan mengenai kegiatan yang di lakukan setiap harinya melaui instagram baik berupa foto maupun video, pada saat inggin mencari anggota baru untuk bergambung pada SSB tersebut dengan memberikan video ajakan atau promosi pada media sosial salah satunya instagram. Melaui optimalisasi media sosial instagram di anggap efektif dalam promosi club tersebut serta minat masyarakat atau menumbuhkan keyakinan orangtua yang inggin memasukan anknya ke ESA Pratama U15. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi Optimalisasi Instagram Untuk Meningkatkan Minat Pemain Baru Bergabung dengan Sekolah Sepakbola ESA Pratama U15 Desa Mukai Mudik Kecamatan Siulak Mukai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini yaitu Atlet Berusia 15 Tahun Serta pengurus ESA Pratama U15 Desa Mukai Mudik Kecamatan Siulak Mukai. Berdasarkan hasil yang telah di peroleh, maka kesimpulan ada penelitian ini yaitu: Pelatih juga memahami algoritma dan tren yang ada, dikarenakan SSB perlu juga promosi yang baik serta jebagai suatu wadah yang dapat menyalurkan bakat melalui SSB. Sebelum anak ikut bbergabung di SSB biasnya dari keluarga  dan orang tua sudah terlebih dahulu melihat dan berinteraksi di instagram secara langsung dengan pelatih, selain itu orangtua juga dapat melihat langsung kegiatan positif yang dilakukan pelatih saat latihan maupun kegiatan lainnya. Pelatih menampilkan kegiatan latihan yang menarik. Testimoni berupa wawancara dengan pemain yang telah berhasil berlatih di SSB tersebut. Selain itu juga menarpilkan penghargaan, atau momen kemenangan. Serta mengedukasi tentang pengalaman dan keahlian pelatih, kemudian menunjukkan bahwa SSB aktif dan selalu memberikan informasi baru kepada penontonnya. Pelatih membutuhkan waktu serta anggota tim untuk membantu dalam pembuatan konten yang professional atau creator konten agar dapat  menciptakan hasil instagram  yang lebih menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2014). Analisis optimalisasi pelayanan konsumen berdasarkan teori antrian pada Kaltimgps.com di Samarinda. E-Journal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1).

Andiawan, B., & M. V. (2015). Minat siswa terhadap olahraga bolabasket di SMP N 1 Jati. Journal of Sport Sciences and Fitness, 4(2), 16–19.

Armayani, R. R. (2021). Analisis peran media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan online. Jurnal Pendidikan Tembusai Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 5(3).

Aryani, I. D. (2022). Instagram sebagai media promosi dalam meningkatkan jumlah penjualan pada A.D.A Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(2).

Djezed, Z. (2015). Teknik taktik dan situasi dasar sepakbola. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Padang.

Dollah, A. A. (2018). Survei minat siswa terhadap olahraga futsal di SMAN 3 Palu. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 6(1), 22–29.

Heizer, J., & Render, B. (2010). Manajemen operasi (Edisi ke-9, Buku Dua). Jakarta: Salemba Empat.

Irianto. (2012). Statistik: Konsep dasar, aplikasi dan pengembangannya. Jakarta.

Iskandar, D. M. (2022). Penerapan modifikasi permainan terhadap keterampilan shooting pada Club PS Pusaka di Kabupaten Demak [Skripsi, Universitas PGRI Semarang].

Jannah, S. P. N. (2022). Strategi madrasah dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MIN 2 Mojokerto tahun ajaran 2021/2022. MIN 2 Mojokerto.

Khamidi, A. (2011). Kemampuan awal, minat olahraga, dan prestasi belajar olahraga. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(4), 265–269.

Kusnodo, S., & Sugiharto. (2012). Pengaruh metode pembelajaran eksplorasi dan minat siswa terhadap hasil belajar passing bawah bola voli dalam pembelajaran Penjasorkes. Journal of Physical Education and Sports, 1(2), 133–138.

Kusuma, B. A. (2016). Survei faktor-faktor yang mempengaruhi minat olahraga rekreasi akhir pekan di Alun-Alun Wonosobo. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 5(2), 68–73.

Luxbacher, J. A. (2012). Sepak bola. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mielke. (2012). Dasar-dasar sepakbola. Bandung: Pakar Raya.

Nugroho, T. A. (2022). Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi social commerce usaha Bro.do. Pustaka Komunikasi, 5(1).

Nurul Fahmi, M. (2019). Endorse dan paid promote Instagram dalam perspektif hukum Islam. Promote: Endorse dan Paid Promote, 1–27.

Prasetyo, Y., & Widiastuti, L. (2013). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat siswa terhadap ekstrakurikuler olahraga di SMK Negeri 1 Slahung Ponorogo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 174–179.

Pratiwi, P. (2015). Pemanduan bakat dan minat cabang olahraga melalui metode sport search pada siswa SMP Negeri se-Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak tahun 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(3), 1686–1705.

Ramadhan, I. F. (2018). Minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri 2 Berbah [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta].

Rao, S. S. (2019). Engineering optimization: Theory and practice. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Rusmiati. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1(1), 21–36.

Saiful Bahri, D. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputra, A. (2018). Sepakbola. Jambi: Salim Media Indonesia.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, I. P. (2019). Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo: IAIN Ponorogo.

Valianto, B., & Aditya, Y. (2017). Survei minat masyarakat untuk menggunakan fasilitas olahraga di Universitas Negeri Medan. Sains Olahraga: Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan, 1(2), 105–113.

Wandista, D. M. (2020). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Downloads

Published

02-07-2025

How to Cite

STRATEGI OPTIMALISASI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT PEMAIN BARU BERGABUNG DENGAN SEKOLAH SEPAK BOLA SSB ESA PRATAMA U15. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(7), 35-48. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i7.610

Similar Articles

1-10 of 84

You may also start an advanced similarity search for this article.