Strategi Kepemimpinan Kepala TPA Nurul Amin Berau Dalam Mengembangkan Kemampuan Bacaan Al-Qur’an Santri
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.25Keywords:
Kepemimpinan, TPA Nurul Amin, Bacaan Al Qur'an, Strategi PembelajaranAbstract
Penelitian ini membahas strategi kepemimpinan Kepala TPA Nurul Amin Berau dalam mengembangkan kemampuan bacaan Al-Qur’an santri. Fokus utama penelitian adalah pada penerapan pelatihan guru, pengembangan kurikulum berbasis metode inovatif, dan pendekatan personal dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini berhasil meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an santri, partisipasi, serta minat belajar. Kendala seperti keterbatasan sumber daya dapat diatasi melalui kolaborasi komunitas, optimalisasi tenaga pengajar, dan pemanfaatan teknologi. Dengan kepemimpinan yang inovatif, TPA Nurul Amin Berau mampu menjadi model pembelajaran Al-Qur’an yang efektif bagi lembaga pendidikan serupa.
Downloads
References
Al-Qarni, Aidh. "La Tahzan." Jakarta: Qisthi Press, 2005. Hlm. 125-127.
An-Nawawi, Imam. "Riyadhus Shalihin: Taman Orang-Orang Shalih." Jakarta: Gema Insani, 2010. Hlm.87-92.
Arifin, Zaenal. "Metodologi Pembelajaran Al-Qur’an." Bandung: CV Pustaka Setia, 2015. Hlm.213-216.
Hamka. "Tafsir Al-Azhar Jilid 1." Jakarta: Pustaka Panjimas, 2009. Hlm.56-58.
Muttaqin, Asep. "Kepemimpinan dalam Islam: Perspektif Pendidikan." Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018. Hlm.98-103.
Raharjo, Dawam. "Islam dan Transformasi Sosial." Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), 2005. Hlm.145-149.
Syaltut, Mahmud. "Islam: Akidah dan Syariat." Jakarta: Bulan Bintang, 2011. Hlm.210-211.
Umar, M. Amin. "Tafsir Ayat-Ayat Hukum: Kajian Tentang Tafsir Tematik." Jakarta: Rajawali Pers, 2012. Hlm.75-82.
Zuhdi, Masdar F. "Dinamika Pendidikan Islam." Surabaya: Al-Hikmah, 2017. Hlm.34-37.
Ummi Foundation. “Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode UMMI”, 2015. Hlm 5-9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ismawati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.