Pengaruh Kemudahan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pengguna Bank BCA Dengan Peran Mediasi Kualitas Pelayanan
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.26Keywords:
Kemudahan Fitur, Keputusan Pengguna, Kualitas PelayananAbstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh kemudahan fitur layanan terhadap keputusan penggunaan Bank BCA dengan mempertimbangkan peran mediasi kualitas pelayanan. Dalam era digital, kemajuan teknologi memungkinkan terciptanya layanan inovatif seperti mobile banking yang mempermudah transaksi nasabah. Dengan menggunakan metode kuantitatif berbasis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), data dari 100 nasabah Bank BCA di wilayah Soloraya dikumpulkan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan fitur berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan, baik secara langsung maupun melalui kualitas pelayanan sebagai mediator. Keterbatasan penelitian ini adalah ukuran sampel yang kecil dan lokasi penelitian yang terbatas, sehingga hasilnya perlu diinterpretasikan dengan hati-hati dalam konteks yang lebih luas.
Downloads
References
Abdullah, F., Ward, R., & Ahmed, E. (2016). Influence of external variables on students’ perceptions of e-portfolios Investigating the influence of the most commonly used external variables of TAM on students’ Perceived Ease of Use (PEOU) and Perceived Usefulness (PU) of e-portfolios.
Abrillia, & Sudarwanto. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET PADA APLIKASI DANA DI SURABAYA.
Agustiningrum Dian, & Andjarwati Anik Lestari. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 9).
Ahmadi, M. A. (2023). MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH BANK. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 7(1), 15–25. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v7i1.167
Aini, S. A., Wijayantini, B., & Rusdiyanto, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Fitur Layanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 493–503. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.83
Annisa, & Yoestini. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KESADARAN MEREK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia di Kota Semarang).
Arisma, A., Hijrah, L., Fitur, P., Kemudahan, L., & Keamanan, D. (2024). THE INFLUNCE OF EASY AND SECURITY SERVICE FEATURES ON DECISIONS TO USE THE DANA E-WALLET APPLICATION (STUDY ON STUDENTS OF THE FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCES MULAWARMAN UNIVERSITY). https://www.fastpay.co.id,
Arlina Laras. (2023, November). Jumlah Pengguna Mobile Banking Mandiri, BRI, BCA, dan BNI Jumbo, siapa teratas?
Arlina Laras. (2024, May). Rapor Pengguna Mobile Banking Bank Jumbo Kuarta I/2024 : BRI Teratas, Mandiri Melesat!
Bahar Arfiani, & Sjahruddin Herman. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen DanMinat Beli Ulang.
Bunga, S., Hasil, R., Dan, P., Penelitian, P., Teknologi, P., Versi, I., & Lengkapnya, P. (2016). AGRESI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI.
Fakhrudin, A., & Maria Valeria Roellyanti. (2023). KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNA MASKAPAI. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(1), 109–119. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.919
Fitriyanti. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Angkatan 2019).
Guspul, A. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus Pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo).
Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. Springer Nature.
Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah Menabung pada PT. BSI Cabang Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 828–838. https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.12324
Kotler, P. (2016). et Keller, KL (2016) Marketing management. Pearson.
Muslimah, A., Hak, N., & Shar, A. (2024). Pengaruh Harga, Trust, Kemudahan dan Keamanan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Shopee Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 563. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.1580
Natalia, E., Hoyyi, A., & Santoso, R. (2017). ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAPPELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN PENDEKATANPARTIAL LEAST SQUARE (PLS) (Studi Kasus: Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian
Palupi Permata Rahmi, Nur Aryanti, A., & Abdul Aziz, D. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BCA. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 710–722. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.660
Setiadi, N. J., & SE, M. M. (2015). Perilaku Konsumen: edisi revisi. Kencana.
Tambunan1, R. T., Irwan, M., & Nasution2, P. (2023). Tantangan dan Strategi Perbankan Dalam Menghadapi Perkembangan Transformasi Digitalisasi Di Era 4.0. Sci-Tech Journal, 2, 148.
Yusoff, Y. M., Muhammad, Z., Salehuddin, M., Zahari, M., Pasah, E. S., & Robert, E. (2009). Individual Differences, Perceived Ease of Use, and Perceived Usefulness in the E-Library Usage (Vol. 2, Issue 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Hilmi Firnanda, Mirzam Arqy Ahmadi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.