Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Roket Air Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Hukum Newton di SMP Negeri 19 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.377Keywords:
PjBL, Roket air, Hukum Newton IIIAbstract
Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam merancang dan membuat suatu produk untuk menjawab suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran dengan model PjBL terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII dengan materi hukum Newton III SMP Negeri 19 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah desain One Group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil analisis data menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model PjBL. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan data menggunakan effect size dengan nilai sebesar 5,223 yang menunjukan efektivitas dengan kategori tinggi.
Downloads
References
Abdullah, M. (2016). Fisika Dasar I. Bandung.
Addiin, I., Redjeki, T., & Ariani, S. R. D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(4), 7–16.
Anggraini, P. D. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 292 295.
Berdasus Masus, S., & Fadhilaturrahmi. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2, 161-167.
Dasar, T. D. L. F. (2009). Fisika Dasar. Surabaya: Universitas Wijaya Putra.
Indrayani, S. A. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus Iv Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 76–86.
Irawati, I. (2016). LOMBA ROKET AIR: PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5.
Kompri. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar. Yogyakarta: Media Akademi.
Nakada, A., Kobayashi, M., Okada, Y., Namiki, A., & Hiroi, N. (2018). Project Based Learning. Medical Society of Toho University
Nisa, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2).
Nurfitriyani. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Junral Formatif, 6(2), 149–160.
Pratama, R. A., & Siswanto, J. E. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.
Rahman, H. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Project Based Learning pada Pokok Bahasan Hukum Newton tentang Gerak di SMAN 1 Piyungan, Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA. Varia Pendidikan, 30(1), 79–83.
Talango, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton. Universitas Negeri Gorontalo
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arrachman, Stepanus Sahala Sitompul, Firdaus (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.