PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PANGKAS RAMBUT MADESU KOTA SAMPIT

Authors

  • Faissal Alfiannur Program Studi S-1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i8.834

Keywords:

Inovasi Produk, Harga, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh  inovasi produk dan harga terhadap minat beli pada motor yamaha aerox cybercity di dealer budiana motor sampit. Penelitian ini dilakukan di sampit, sampit kabupaten kotawaringin timur  Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan Teknik accidental sampling. Data diuji menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji hipotesis, dan analisis data penelitian menggunakan anallisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien kolerasi, dan analisis determinasi. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan melalui metode kuisioner sebanayk 55 responden, yang didasarkan kepada pelanggan yang melakukan pembelian produk motor yamaha aerox cybercity didealer budiana motor sampit Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji-t variabel inovasi produk (X1)  nilai thitung > ttabel (3,047 > 2,00758) dan tingkat signifikan 0,004 < 0,005 maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat berpengaruh signifikan antara inovasi produk (X1) terhadap minat beli(Y). Dengan demikian hsil hipotesis pertama menyatakan pengaruh antara inovasi produk terhadap minat beli pada motor yamaha aerox cybercity adalah terbukti  berpengaruh signifikan. Hasil uji-t variabel harga (X2) thitung > ttabel (3,793 >  2,00758) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh antara harga terhadap minat beli. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh antara harga terhadap minat beli pada produk motor yamaha aerox cybercity adalah terbukti berpengaruh signifikan. Sedangkan uji f diketahui bawah nilai Nilai fhitung > ftabel (80.119 > 3,18) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh antara inovasi produk dan harga. Dengan demikian dikatakan hipotesis ketiga yaitu inovasi produk dan harga berpengaruh terhadap minat beli pada produk motor yamaha aerox cybercity di dealer budiana motor sampit adalah terbukti berpengaruh signifikan. Sedangkan alanlisis koefisien Korelasi (r) sebesar 0,869 artinya artinya inovasi produk (X1) dan harga (X2) secara bersama-sama memiliki hubungan positif yang sangat kuat terhadap minat beli pada produk yamaha aerox cyber city. Hal ini sesuai dengan kriteria nilai berdasarkan Sugiyono (2017) yaitu nilai R 0,80 s/d 1,00 maka hubungan X dengan Y adalah sangat kuat. Sedangkan analisis diterminasi (r) square sebesar 0,755 yang menyatakan bahwa kedua variabel independent yaitu inovasi produk (X1) dan harga  (X2) mempengaruhi variabel dependen yaitu minat beli (Y) sebesar 75,5% dan sisanya sebesar  24,5% (100-75,5) dipengaruhi variabel lain kemudahan,kualitas produk dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul Et Al (2018)” Tren Transformasi Bisnis: Dampak Inovasi Produk Dan Digital Marketing Pada Repurchase Intention Melalui Brand Image”, Juima (Jurnal Ilmu Manajemen). Vol. 13 No. 2 Tahun 2023

Assael Sukmawati Dan Suyono Dalam Pramono (2012) Pengaruh Content Marketing, Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa Vol. 10, No. 2 Tanggal 24 Juni 2023

Abzari, Et Al (2014) Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumenn Cherie Melalui Minat Beli, Urnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 5, Desember 2016

Barcelona Et Al.,(2019) “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor”Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi Vol. 6 No. 3, 2022

Ferdinand (2016) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pada Bakara Cafe & Kitchen Depok, Jurnal Lentera Bisnis Issn, Volume 13, Nomor 2, Mei 2024

Hair, J.F. et al. (2014) Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research, European Business Review,

Julian 2019 “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor”Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi Vol. 6 No. 3, 2022

Kotler (2007) “Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Tangerang Selatan”, Vol. Xvi No. 1 Maret 2018.

Kotler Dalam Simamora (2003)” Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kota Bekasi”, ”, Vol 17 No. 1 Maret 2019

Kinnear Dan Taylor (1995)” Peran Anticipated Emotion, Hasrat, Dan Niat Berkunjung Pada Frekuensi Kunjun”, Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Kotler Dan Ketler 2009 “Pengaruh Bauran Pemasaran Harga Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pt. Sinarmentari Indoprima Cabang Kota Bandung) Jurnal Indonesia Membangun, Vol. 15, No. 2.Mei-Agustus 2016

Kotler Dan Ketler 2016 “Pengaruh Bauran Pemasaran Harga Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pt. Sinarmentari Indoprima Cabang Kota Bandung) Jurnal Indonesia Membangun. Vol. 15, No. 2.Mei-Agustus 2016

Lamarto (2006)” Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Tangerang Selatan”, Vol. Xvi No. 1 Maret 2018.

M. Prawiro. (2018) “Pengaruh Bauran Pemasaran Harga Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pt. Sinarmentari Indoprima Cabang Kota Bandung) Jurnal Indonesia Membangun, Vol. 15, No. 2.Mei-Agustus 2016

Peter Dan Olson (2000)” Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kota Bekasi”, Vol 17 No. 1 Maret 2019

Sugiyono (2017) “Pengaruh Budaya Kerja Dan Kemampuan Terhadap Komitmen Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang”, Jurnal Manivestasi, Vol. 3 No.2, Desember 2021 : 146-155

Sugiyono (2016) “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada Cv. Meubele Berkah Tangerang”, Ijse – Indonesian Journal On Software Engineering, Vol.5, No. 1, Juni 2019, 19-28

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Pt Alfabet

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta

Tjiptono (2007)” Pengaruh Suasana Cafe, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Cafe)” Jurnal Emba, Vol.8 No.4 Oktober 2020

Uliana (2012) “Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusanpembelian Sepeda Motor Honda Di Kota Bekasi”,Vol. 3 No.7 Juli (2019) 767 – 779.

Downloads

Published

14-08-2025

How to Cite

PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PANGKAS RAMBUT MADESU KOTA SAMPIT. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(8), 427-438. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i8.834

Similar Articles

21-30 of 67

You may also start an advanced similarity search for this article.