PARADIGMA INTEGRASI INTERKONEKSI KEILMUAN : BIOGRAFI INTELEKTUAL M. AMIN ABDULLAH

Authors

  • Bambang Hery Aryanto Author
  • Hasan Husaini Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v1i2.12

Keywords:

Integrasi, Interkoneksi, Keilmuan

Abstract

Gagasan integrasi ilmu di Indonesia telah muncul sejak dekade tahun 1980-an tentang Islamisasi Ilmu, namun respon yang semakin serius terjadi semenjak adanya gerakan transformasi beberapa IAIN dan STAIN menjadi UIN pada tahun 2000-an. Hal ini menimbulkan kegelisahan bagi para ilmuan muslim, tak terkecuali M. Amin Abdullah. Kegelisahan ini membawanya pada sebuah pembagunan paradigma yang disebut dengan “integrasi interkoneksi keilmuan”. Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan sketsa biografis intelektual M. Amin Abdullah, memahami konsep dasar paradigma integrasi interkoneksi keilmuan, dan mengetahui aktualisasi paradigma integrasi interkoneksi keilmuan. Sumber dari studi ini adalah karya-karya ilmiah yang berkaitan dengan kajian M. Amin Abdullah yang merupakan Guru Besar Filsafat Islam dan Studi Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Gagasan integrasi interkoneksi keilmuan yang ia tawarkan berangkat dari kesadaran bahwa setiap bangunan keilmuan, baik agama, sosial, humaniora, maupun alam tidak dapat berdiri sendiri tanpa kerja sama, saling tegur sapa, saling membutuhkan, saling koreksi, dan saling berhubungan satu sama lain. Paradigma berusaha saling menghargai; keilmuan umum dan agama sadar akan keterbatasan masing-masing dalam memecahkan persoalan manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif- Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

———. Multidispilin, Interdisiplin, & Transdisiplin: Metode Studi Agama & Studi Islam Di Era Kontemporer. Yogyakarta: IB Pustaka, 2020.

Abdullah, M. Amin, Abdul Munir Mulkan, and Machasin. Praksis Paradigma Integrasi-Interkoneksi Dan Transformasi Islamic Studies Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta: Pacsasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.

Karwadi, -. “Integrasi Paradigma Sains Dan Agama Dalam Pembelajaran Aqidah (Ketuhanan) (Telaah Tcoritis Dari Perspektif Kurikulum Integratif).” Jurnal Penelitian Agama, VOL.XVII, NO. 3 SEPTEMBER-DESEMBER 2008 (December 1, 2008). Accessed January 3, 2021. http://digilib.uin-suka.ac.id/8793/.

Machali, Imam. “Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Dalam Kajian Manajemen Dan Kebijakan Pendidikan Islam.” EL TARBAWI 8, no. 1 (December 31, 2015): 32–53.

Muslih, Mohammad. “Tren Pengembangan Ilmu Di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Episteme 12, no. 1 (June 7, 2017): 103–139.

Muttaqin, Imron. “Integrasi-Interkoneksi Ilmu Perspektif Tafsir Sosial TAM (Tuhan Alam Dan Manusia).” At-Turats 8, no. 2 (December 1, 2014). Accessed January 3, 2021. https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/atturats/article/view/114.

Riyanto, Waryani Fajar, Integrasi-Interkoneksi Keilmuan: Biografi Intelektual M. Amin Abdullah (1953-....) Person, Knowledge, and Institution, Yogyakarta: SUKA-Press, 2013.

Rohman, Fathur, and Aan Wahyudin. “Konsep Pendidikan Islam Integratif- Interkonektif Perspektif Kitab Wadhaif Al-Muta’allim.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 1 (February 7, 2017). Accessed January 2, 2021. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/2620

Downloads

Published

14-01-2025

How to Cite

PARADIGMA INTEGRASI INTERKONEKSI KEILMUAN : BIOGRAFI INTELEKTUAL M. AMIN ABDULLAH. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 1(2), 60-72. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v1i2.12