Pengembangan Pengetahuan melalui Epistemologi dan Eksistensi: Studi tentang Aliran-aliran dalam Epistemologi dan Etika

Authors

  • Muhammad Agam Nalf Saujani Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Maraya Rabbani Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Azahra Hariyanti Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Nisrina Fitri Ghaida Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Muhamad Parhan Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.384

Keywords:

Epistemologi, etika, eksistensi manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi epistemologi dan etika dalam konteks eksistensi manusia, khususnya di Indonesia, di mana studi sebelumnya cenderung memisahkan kedua domain tersebut. Alasan penelitian ini didasari oleh celah akademis, seperti fragmentasi kajian filosofis, dikotomi tradisional-modern, serta kurangnya pendekatan holistik yang menghubungkan teori dengan tantangan kontemporer. Melalui pendekatan interdisipliner (filsafat, sosiologi, dan studi kebudayaan), penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengkaji aliran-aliran epistemologi (empirisme, rasionalisme, konstruktivisme sosial) dan etika (konsekuensialisme, deontologi, kebajikan), serta relevansinya dengan konteks sosio-kultural Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi epistemologi dan etika tercermin dalam praktik seperti musyawarah mufakat dan gotong royong, yang tidak hanya membentuk pengetahuan kolektif tetapi juga etika komunal. Pancasila berperan sebagai kerangka integratif, misalnya dalam kebijakan Program Kartu Prakerja yang menggabungkan data empiris dan prinsip keadilan sosial. Analisis juga mengungkap bahwa pendekatan interdisipliner mampu menjawab tantangan kontemporer seperti bias algoritma AI dan krisis lingkungan melalui kombinasi epistemologi kritis, etika tanggung jawab, dan kearifan lokal. Implikasi penelitian ini menawarkan model integratif yang aplikatif bagi kebijakan publik dan pengembangan ilmu pengetahuan, menekankan keselarasan antara pengetahuan, nilai etis, dan dinamika sosio-kultural Indonesia. Temuan ini berkontribusi pada perluasan wacana filosofis sekaligus solusi praktis untuk masalah eksistensial di era globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshari, M., & Permata, C. (2024). Deforestasi Hutan Lindung dalam Proyek Strategis Nasional Food Estate: Perspektif Maqashid Syariah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(3), 2031–2047.

Asiz, N. A., Mangoting, Y., & Lutfillah, N. Q. (2015). MEMAKNAI INDEPENDENSI AUDITOR DENGAN KEINDAHAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL SIRI NA PACCE. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 1, 145–156.

Hidayat, S., Rosyadi, I., Firman, M. S., & Sholehah, N. A. (2023). Empirical Legal Research Based on Jasser Auda’s Maqashid Syariah Theory. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(4), 14–29.

Karimaliana, K., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Pemikiran Rasionalisme: Tinjauan Epistemologi Terhadap Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Manusia. Journal of Education Research, 4(4), 2486–2496.

Mariska, R., & Khobir, A. (2024). Implementasi Aliran Konstruktivisme Terhadap Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 210–219.

Octavianto, A. W. (2014). Strukturasi giddens dan social construction of technology (scot) sebagai pisau analisis alternatif penelitian sosial atas teknologi media baru. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 41–57.

Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pentingnya Ilmu Etika dalam Pendidikan Interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152–159.

Rasaski, K. C., & Dewi, S. (2023). Kritik Epistemologi Feminis: Upaya De-Westernisasi Ilmu Pengetahuan dalam Perkembangan Konsep Feminisme di Korea Selatan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1923–1935.

Siti, M. (2021). AKTUALISASI NILAI-NILAI ETIKA JAWA PADA MASYARAKAT TRANSMIGRAN (Studi di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang). UIN Raden Intan Lampung.

Sutono, A., & Purwosaputro, S. (2019). Aksiologi Pancasila. Civis: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 8(2).

Wahyuni, A., & Yuana, K. A. (2020). Kata Kunci: Filsafat, Berpikir dan Beretika.

Weruin, U. U. (2019). Teori-teori etika dan sumbangan pemikiran para filsuf bagi etika bisnis. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 313.

Wiratraman, H. P., & Putro, W. D. (2019). Pendidikan Hukum Indonesia. Mimbar Hukum, 31(3), 402–418.

Yulika, D. F., & Hum, M. (2017). Epistemologi minangkabau: Makna pengetahuan dalam filsafat adat Minangkabau. ISI Padangpanjang.

Downloads

Published

02-06-2025

How to Cite

Pengembangan Pengetahuan melalui Epistemologi dan Eksistensi: Studi tentang Aliran-aliran dalam Epistemologi dan Etika. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 54-61. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.384

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.