PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i12.1330Keywords:
Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah, Penguatan Karakter.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara menyeluruh bagaimana penerapan budaya sekolah di Sekolah Dasar Islam berkontribusi dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik melalui pengalaman dan perspektif guru. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan teknik yang digunakan adalah wawancara. Penelitan ini dilakukan di SD Al-Islam 4 Kadipiro. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru di SD Al-Islam 4 Kadipiro. Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik agar memiliki pemahaman dan perilaku positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah berjalan secara konsisten seperti shalat dhuha, tadarus, pembacaan doa sebelum pembelajaran, piket harian, kerja bakti rutin dua minggu sekali, senam, jalan sehat, serta kegiatan membaca selama 20 menit yang dilaksanakan dua kali seminggu. Nilai religius, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan kepedulian sosial menjadi karakter utama yang tertanam dalam keseharian peserta didik. Budaya sekolah menjadi sarana efektif dalam pembentukan karakter yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, dukungan dari sekolah, guru, dan orang tua menjadi hal penting dalam keberlanjutan budaya positif tersebut.
Downloads
References
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 924–930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402
Astuti, M., Herlina, Ibrahim, Prasilia, H., Sintia, D., & Wulandari, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(1), 141–151.
Biantoro, O. F., & Istiqlal, M. (2025). Strategi Guru dalam Membiasakan Kebersihan Lingkungan sebagai Pendidikan Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH : Journal of Primary Education, 6(1), 15–30.
Darojah, R. (2023). Integration of Character Education in PKN Learning in Elementary Schools. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 596–602.
Dewi, K., Erlisnawati, & Marhadi, H. (2025). Desain Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Budaya Positif untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(6), 6614–6619.
Fitriani, D., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 489–499.
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah : Implementasi Tahap Pembiasaan dan Pengembangan Literasi di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka, 1(2), 29–34.
Isnaini, H., & Fanreza, R. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 279–297.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1), 41–49.
Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 34–40.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JINTECH : Journal of Information Technology, 2(2), 138–146.
Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam : Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). JMPIS : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333.
Prabandari, A. S. (2020). Impelementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 68–71.
Rachman, F., Nurgiansah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970–2984.
Raihan, Tasrif, & Waluyati, I. (2024). Bullying di Sekolah dan Dampaknya pada Perilaku Siswa di Sekolah Dasar. Praksis : Jurnal Pendidikan, Literasi Dan Budaya, 1(1), 56–66.
Sartika, S. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. EJI : Education Journal of Indonesia, 3(1), 12–18.
Sembiring, J. A. B. (2021). Implementasi Dukungan Orang Tua dan Guru dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Simki Pedagogia, 4(2), 188–197.
Yulianti. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. Cermin : Jurnal Penelitian, 5(1), 28–35.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arasya Islami Atmanegara, Astrella Galuh Putri Ardiatmi, Febriana Dian Wulandari, Endrise Septina Rawanoko (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










