KEBIJAKAN KEPALAH MADRASA ALIYAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DIPONDOK PESANTREN DARUSYA SYAFI’IYAH
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i7.772Keywords:
Kebijakan Kepala Sekolah, Prestasi Belajar, Peserta Didik, Pesantren, Kepemimpinan Transformasional.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Pondok Darusy Syafi’iyah, sebuah lembaga pendidikan berbasis pesantren. Fokus utama penelitian ini adalah pada perumusan, implementasi, dan dampak kebijakan terhadap lingkungan belajar dan hasil akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan kebijakan strategis seperti penguatan program belajar malam, pemberian penghargaan akademik, peningkatan kualitas guru melalui pelatihan, dan penataan jadwal belajar yang menyesuaikan nilai-nilai pesantren. Kebijakan tersebut berdampak positif terhadap motivasi, disiplin, dan capaian akademik peserta didik. Meskipun demikian, beberapa hambatan masih ditemukan, seperti keterbatasan sarana prasarana dan minimnya evaluasi kebijakan secara berkala. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang mengintegrasikan nilai-nilai transformasional dan moral berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan di lembaga berbasis pesantren. Penelitian ini merekomendasikan penguatan evaluasi kebijakan dan kolaborasi lintas elemen sekolah guna menciptakan kebijakan yang lebih adaptif dan kontekstual.
Downloads
References
Ahmad Rahmat, “Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa,” Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 2020.
Henry Mintzberg, The Nature of Managerial Work (New York: Harper & Row, 1973); Robert G. Owens dan Thomas C. Valesky, Organizational Behavior in Education, 11th ed. (Pearson, 2015).
Misbah, & Lestari, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1), 22–29.
Romady, M., Sultoni, S., & Juharyanto, J. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kiai dalam Pengembangan Sekolah Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan.
Sergiovanni, T. J. (2001). Leadership: What’s in it for Schools? RoutledgeFalmer Sudjana, N. (2002). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tilaar, H. A. R. (2004). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Strategik Kebijakan Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maryam, Fernando, Gilang Anjari, M. Bahrul Ulum Al-Faruqi, Yunita Dea Putri, Bunga Adinda Fanesa, Wilda Afika (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.