FORMULASI TABAYYANU: STRATEGI CEPAT GUNA DALAM MENYIKAPI INFORMASI DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v1i1.2Keywords:
Berpikir Kritis; Informasi Digital; Tabayyun.Abstract
Informasi serba digital sangat memudahkan pada era sekarang ini. Namun demikian, informasi digital yang bersifat singkat dan praktis pada saat ini dapat memberikan penerimanya kesalahpahaman dalam memahami isi serta berkurangnya daya pikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan Al-Qur'an terhadap pentingnya berpikir kritis dalam menyikapi informasi singkat dan praktis di era digital. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, penelitian ini memfokuskan pada konsep tabayyanu dalam Islam sebagai pedoman untuk memastikan kebenaran informasi sebelum membuat penilaian. Hasil analisis menunjukkan bahwa Al-Qur'an mendorong umatnya untuk berpikir kritis, teliti, dan menghindari kesalahan dalam menerima dan menyebarkan informasi singkat. Dengan penguatan literasi digital dan berpikir kritis, masyarakat dapat mengatasi informasi negatif di media sosial dengan panduan Al-Qur'an, sehingga terhindar dari ujaran kebencian dan kesalahpahamanDownloads
References
Agama RI, K. (2010). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Penerbit Lentera Abadi.
Al Munawar, S. A. H. (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam. PT. Ciputat Press.
Al-Mahalili, J., & As-Suyuthi, J. (2011). Tafsir Jalalain. Pustaka Elba.
Al-Maraghi, A. M. (1974). Tafsir Al-Maraghi. Dar Al-Fikr.
Amrullah, H. A. M. A. (t.t.). Tafsir Al-Azhar. Pustaka Panjimas.
Firmansyah, D., Saepuloh, D., & Dede. (2022). Daya Saing: Literasi Digital dan Transformasi Digital. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 237–250. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1348
Jamaluddin, Sulistianto, Marthalia, D., Wikansari, R., Fachrurrazi, Hiswanti, Indrayani, E., Zein, Khasanah, & Veza, O. (2022). Transformasi Digital dalam Dunia Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.
Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN DAMPAKNYA PADA MASYARAKAT. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek, 01(12). https://doi.org/10.3785/kohesi.v1i12.1311
Maharani, D., & Hidayat, T. (2020). Rasionalitas Muslim: Perilaku Konsumsi dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 409. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1374
Mushaf Al-Qur’an, L. P. (2012). Tafsir Tematik Al-Qur’an: Etika Berkeluarga, Bermasyarakat, dan Berpolitik. Penerbit Aku Bisa.
Mushaf Al-Qur’an, L. P. (2018). Tafsir Al-Qur’an Tematik. Kamil Pustaka.
Nasrullah, & Khairullah, M. (2019). PESAN AL-QUR’AN DALAM MENYARING INFORMASI DAN BERITA. Jurnal Syahadah, VII(I).
Nawawi, M. (1995). Tafsir Marah Al-Labid. Dar Al-Ilmi.
Nizhan, A. (2011). Al-Qur’an Tematis. PT Mizan Pustaka.
Nurfazrina, S. A., Muslihin, H. Y., & Sumardi. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN (LITERATURE REVIEW). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2).
Nurliana, & Aini, N. (2023). MENGANALISIS LITERASI MEDIA DI ERA DIGITAL PADA MAHASISWA IAIN TAKENGON. Jurnal Al-Manaj, 03(02). https://doi.org/10.56874/almanaj.v3i02.1492
Pohan, M. K. C., & Ibrahim, H. (2024). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Bisnis Internasional. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.58192/wawasan.v2i2.1854
Qutb, S. (2003). Tafsir Fi Zhilalil Qur’an jilid 6. Dar al-Syuruq.
Rachmi, Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2). https://doi.org/10.62504/6y4qb169
Saidah, I. S. (2023). Konsep Tabayyun dalam menyikapi Berita Hoax di Media Sosial Perspektif Tafsir al-Azhar Karya Buya Hamka. Gunung Djati Conference Series, 9. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs
Sandi, A. V., & Nurlaela, A. (2021). Critical Thinking in the Digital Age According to the Perspective of Hadith. Gunung Djati Conference Series, 4. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs
Shihab, M. Q. (2011). Tafsir Al-Misbah. Penerbit Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2012). Al-Lubab. Penerbit Lentera Hati.
Shihab, M. Q. (2013). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. PT Mizan Pustaka.
Susilowati, E., Yulianti, S., Yusuf, S., Riana, D., Sholihah, F. D., Hariyanti, S., Astarina, Y., Krismayanti, Y., Setiagraha, D., Alfarda, W. N., Wanda, S. S., & Murdinar, H. E. (2023). Kewirausahaan di Era Digital. Pena Cendikia Pusat.
Syarifuddin, M. (2020). Transformasi Digital Persidangan di Era New Normal. PT. Imaji Cipta Karya.
Yasir. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Budi Utama.
Zaini. (2021). ANTISAPASI HOAX DI ERA INFORMASI: PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL-QURÁN SURAH AL-HUJURAT AYAT 6. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). http://www.ngaji.or.id/index.php/ngaji/article/view/5
Zuhaili, W. (2014). Tafsir Al-Munir. Gema Insani.
Zuhriyandi, Z. & Malik Alfannajah. (2023). Penafsiran Ayat-Ayat Tentang Teknologi dan Inovasi Dalam Al-Qur’an: Implikasi Untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan di Era Modern. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(6), 616–626. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i6.2217
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Badruddin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.