Eksplorasi Pemikiran Guru Tentang Strategi Pembelajaran Siklus Hidup Makhluk Hidup Mata Pelajaran IPAS Pada SDN Cikaret 2 Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.321Keywords:
Employees, Company, RecruitmentAbstract
Kurangnya penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPAS di SD, khususnya pada materi siklus hidup makhluk hidup. Meskipun materi ini sangat dekat dengan kehidupan siswa, sebagian besar guru masih mengandalkan metode konvensional seperti ceramah dan buku paket, serta tidak melibatkan siswa dalam kegiatan eksploratif yang menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi eksploratif untuk memahami pemikiran dan praktik guru dalam mengajarkan materi siklus hidup makhluk hidup secara kontekstual. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi dari lima guru SD di SDN Cikaret 2 Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait strategi, tantangan, dan persepsi guru terhadap pembelajaran kontekstual. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi teknik dan sumber serta member checking. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun pembelajaran kontekstual memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang siklus hidup makhluk hidup, penerapannya di SD terhambat oleh keterbatasan waktu, fasilitas, motivasi siswa, dan kurangnya pelatihan guru. Namun, guru-guru SD melihat peluang untuk mengembangkan pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, teknologi, dan kolaborasi antar guru. Diperlukan dukungan sistemik, termasuk peningkatan kapasitas guru, pengelolaan waktu yang fleksibel, dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk memastikan keberhasilan implementasi.
Downloads
References
Arisandi, I. M. A., Ngr, D. B. K., & Putra, S. (2022). Media Permainan Kartu Bergambar Mengenai Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 85–95.
Aziza, A., & Sulaiman. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Dengan Mengunakan Model Baiman Dan Media Diorama Pada Kelas IV Di SDN Gambut 8. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 669–675.
Bagus, I., Arnyana, P., & Suastra, I. W. (2024). Content Analysis: Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan loka. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 868–874.
Bestari, I. A. P., & Suparta, I. N. (2020). IDENTIFIKASI KENDALA GURU IPA DALAM MENYUSUN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SD NEGERI 4 DALUNG, KUTA UTARA. MEDIA EDUKASI, 4(2), 45–52.
Glosita, K. N. L., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS TRI HITA KARANA PADA TOPIK SIKLUS HIDUP MAKHLUK HIDUP DAN PELESTARIANNYA KELAS IV SEKOLAH DASAR. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 78–90.
Gofur, M. A., & Qomara, T. N. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN MELALUI MEDIA POP UP BOOK. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 07(20), 103–113.
Nabilah, P. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN RELEVAN DALAM MATERI METAMORFOSIS PADA IPAS MI/SD. IBTIDA’IY : Jurnal Prodi PGMI, 9(1), 50–54.
Nadhif, N. H., & Utama, C. (2023). POTRET MISKONSEPSI SISWA KELAS IV SDN KEPANJENLOR 3 BLITAR PADA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 7–16.
Purwanti, S., & Khotimah, K. (2020). Pengembangan puzzle berbasis make a match materi ipa daur hidup mahluk hidup kelas IV SD. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(2), 30–39.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Swistiyawati, N. L. P., & Indrayani, I. A. M. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP IPAS DI KELAS II SD NO. 5 TAMAN. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(2), 1316–1324.
Wardani, N. L. P. O., Parmiti, D. P., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Media Pembelajaran Video Animasi Muatan IPA Materi Siklus Makhluk Hidup Kelas IV SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 336–348.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Destikasari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.