Analisis Metode Diskusi Kelompok Terhadap Pemahaman Konsep Pewarisan Sifat Pada Siswa SMP Kelas IX

Authors

  • Rahmi Nur Salamah Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Selatan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.324

Keywords:

Employees, Company, Recruitment

Abstract

Siswa SMP cenderung menghadapi kesulitan dalam memahami konsep dasar pewarisan sifat, seperti hukum Mendel dan dominansi genetik, dengan data menunjukkan hanya 30% siswa yang dapat menjelaskan prinsip-prinsip dasar tersebut dengan benar. Metode pengajaran tradisional yang bersifat ceramah dinilai kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman mendalam terhadap konsep-konsep abstrak ini. Penelitian ini menganalisis metode diskusi kelompok sebagai alternatif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pewarisan sifat yang kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk menganalisis pengaruh metode diskusi kelompok terhadap pemahaman konsep pewarisan sifat pada siswa SMP kelas IX. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dua guru biologi dan satu siswa, serta observasi langsung di kelas. Analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi pola dalam interaksi siswa selama diskusi kelompok dan hubungannya dengan pemahaman terhadap konsep pewarisan sifat. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran melalui diskusi kelompok memiliki tingkat pemahaman konsep pewarisan sifat yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar secara mandiri menggunakan bahan ajar tradisional. Interaksi sosial yang terjadi dalam diskusi kelompok terbukti mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis, menyusun argumen ilmiah, serta memahami konsep genetik secara lebih aplikatif dan mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faridah, S. Z., Misri, A., Maryuningsih, Y., Cirebon, K., & Eigen, V. (2021). PENGGUNAAN DIAGONALISASI MATRIKS DALAM PEWARISAN GENETIK. NURJATI JOURNAL OF MATHEMATICS AND MATHEMATICAL SCIENCES, 1(2), 67–84.

Febriani, F. A., Turista, D. D. R., & Trimas, F. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat. PMSGK, 1(1), 119–123. https://doi.org/10.30872/pmsgk.v3i0.1655

Febryana, N. E., Septiana, N., & Rohmadi, M. (2021). Literasi Sains Siswa Kelas IX dengan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis eXe Learning Pada Materi Pewarisan Sifat. Bioeduca: Journal of Biology Education, 3(1), 60–70.

Hurriyat. (2020). Peningkatkan Aktivitas Siswa Menggunakan Media Papan Catur tentang Materi Pewarisan Sifat Kelas IX SMPN 4 Kota Solok. JEP, 4(1), 105–113.

Muzdaliffa. (2023). PENGGUNAAN MEDIA KANCING GENETIKA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PEWARISAN SIFAT PESERTA DIDIK KELAS IX SD- SMP SATAP NEGERI 13 KABAENA TENGAH. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(4), 426–432.

Ningrum, S. H., Utomo, Y., & Rochmat, N. (2024). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS 9 SMP DALAM MATERI PEWARISAN SIFAT: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(5), 1–20. https://doi.org/10.17977/um067.v4.i7.2024.3

Nita, A. D., Bare, Y., Hadi, S., & Putra, J. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Discovery Pada Materi Pewarisan Sifat Kelas IX SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 589–602.

Nurhidayah. (2021). PENILAIAN BERBASIS KELAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PERSILANGAN. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1), 1–20.

Nusantari, E. (2011). Analisis dan Penyebab Miskonsepsi pada Materi Genetika Buku SMA Kelas XII. BIOEDUKASI, V(2), 72–85.

Sidauruk, S., & Amelia, V. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pewarisan Sifat Melalui LKS Berbantuan Media di SMPN 2 Selat Tahun Ajaran 2022/2023. Journal on Education, 06(01), 4391–4404.

Solikah, A. N., & Susantini, E. (2022). PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF MATERI PEWARISAN SIFAT UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMA. BIOEDU, 11(2), 374–383.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumantri. (2015). UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PEWARISAN SIFAT PADA SISWA KELAS IX F DI SMP NEGERI 7 PROBOLINGGO MELALUI PEMBELAJARAN METODE MIND MAPPING. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 1(2), 189–194.

Downloads

Published

21-05-2025

How to Cite

Analisis Metode Diskusi Kelompok Terhadap Pemahaman Konsep Pewarisan Sifat Pada Siswa SMP Kelas IX. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(5), 508-522. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.324

Similar Articles

1-10 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.