Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Alat Optik dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Sehari-hari di SMPN 2 Pasawahan Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.325Keywords:
Employees, Company, RecruitmentAbstract
Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar alat optik serta kurangnya relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun teori diajarkan di kelas, banyak siswa merasa kesulitan untuk mengaitkan pengetahuan tersebut dengan penggunaan nyata dalam kehidupan mereka. Hal ini diperparah oleh penggunaan metode pengajaran yang kurang memanfaatkan teknologi atau pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam untuk menganalisis persepsi siswa terhadap pembelajaran alat optik di SMPN 2 Pasawahan Purwakarta dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tiga informan siswa dipilih secara purposive untuk menggali pemahaman dan pandangan mereka tentang materi alat optik, serta kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran dan relevansi materi dengan kehidupan mereka. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul, dengan tujuan untuk memberikan wawasan dalam perbaikan metode pengajaran yang lebih kontekstual. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep-konsep alat optik di SMP masih terbatas, terutama dalam mengaitkan teori dengan aplikasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Siswa sering menganggap materi alat optik, seperti pembiasan, pemantulan, dan pembesaran lensa, sebagai konsep abstrak yang tidak relevan dengan teknologi yang mereka gunakan, seperti kamera ponsel dan kacamata. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara pembelajaran teoritis dan pengalaman praktis siswa, yang dapat diatasi melalui pendekatan berbasis eksperimen dan penggunaan media visual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Arisfa, Muhammad, Nurdin, A., Basr, S., Mhd.Hidayattullah, Nurul, T. K., Zamzami, S. R., Bukhari, Murtadhahadi, T.Ibrahim, M. I., Cut, B., Astini, D., & Hadawiyah, N. (2023). SOSIALISASI PENGENALAN PENGGUNAAN ALAT OPTIK PADA PERALATAN DIAGNOSTIK MATA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH. JURNAL ABDI MASYARAKAT, 1(2), 49–55.
Astuti, Saputri, D. F., & Sari, I. N. (2022). Optimalisasi Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan Kelas X SMA Negeri 1 Salatiga. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya (JPSA), 5(1), 27–33.
Hadhiedae, E. H., & Miriam, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Basis Hands on Activies dan Minds on Activities Pada Materi Alat Optik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 359–367.
Listianthy, W. K., & Indrowati, M. (2021). PENGEMBANGAN MODUL SETS PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMP/MTS. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 82–88. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57245
Mahardika, I. K., Subiki, Hasanah, A., Ferdianti, C. I., & Wati, L. L. (2022). Analisis Peran Media Power Point dan Alat Peraga Periskop Untuk Meningkatkan Konsep Optik Siswa Kelas XI SMA Al-Furqon Jember. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(June), 276–285.
Nelwan, Y. N., Umboh, S. I., & Mongan, S. (2024). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MOMBI PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMP KATOLIK HATI KUDUS KEROIT. CHARM SAINS, 5(1), 1–4.
Parmono. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Alat-alat Optik dengan Kuis Edmodo Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. JURNAL PENDIDIKAN, 29(2), 151–158.
Purwaningsih, S., Pathoni, H., & Muliawati, L. (2020). PENGENALAN ALAT – ALAT PRAKTIKUM FISIKA PADA MATERI OPTIK BAGI SISWA SMA NEGERI 8 MUARO JAMBI. SELAPARANG.Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 692–695.
Rahmawati, A., Kusairi, S., & Diantoro, M. (2021). Analisis Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Materi Cahaya dan Alat Optik. JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika), 6(1), 47–54.
Ramadhani, F. D., Wati, M., & Wiyono, K. (2021). The Validity of Electronic Learning Materials Optical Instruments Based on Authentic Learning to Train Students’ Problem Solving Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ) Universitas Papua, 4(2), 78–89.
Safitri, D., Darman, D. R., & Guntara, Y. (2023). Pengembangan Augmented Physics Animation Berbasis Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) Model Pada Materi Optik. SEMINAR NASIONAL FISIKA (SNF) 2021 “Adaptasi Baru Dalam Pembelajaran Dan Riset Fisika Untuk Mewujudkan Program Merdeka Belajar,” 1(1), 82–89.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yolanda, Y., Lovisia, E., & Amin, A. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA DASAR BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI ALAT-ALAT OPTIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (2021) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus, 1(1), 89–106.
Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis Problem Solving Pada Materi Alat Optik di SMA Negeri 6 Palangka Raya. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 7(1), 57–63.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yusi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.