Peran Kepala Madrasah Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di Mas Guppi Samata Gowa

Authors

  • Mukrim Ainullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia Author
  • Siti Azisah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia Author
  • Muh Wayong Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.332

Keywords:

Kepala Madrasah, Kurikulum Merdeka, Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Belajar, Sarana Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala madrasah dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di MAS Guppi Samata Gowa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka dan observasi, penelitian ini mengkaji bagaimana kepala madrasah menjalankan fungsi kepemimpinannya dalam konteks transformasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah berperan sebagai pemimpin transformasional yang mampu mendorong perubahan budaya belajar, memperkuat sumber daya manusia, serta mengelola kurikulum dan supervisi secara efektif. Selain itu, kepala madrasah juga berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung serta mengatasi tantangan keterbatasan sarana dengan pendekatan kolaboratif. Dengan demikian, peran kepala madrasah sangat strategis dalam memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., & Fitria, Y. (2021). Tantangan dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 112–121.

Ananda, R., & Fitria, Y. (2021). Tantangan Guru dalam Menjalankan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 112–121.

Ananda, R., & Fitria, Y. (2021). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 112–121.

Asmani, J. M. (2021). Penguatan Lingkungan Belajar sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Manajemen Sekolah Islam, 5(1), 17–26.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Elmore, R. F. (2017). Improving the Instructional Core. Harvard Graduate School of Education.

Firmansyah, D. (2021). Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 88–95.

Fitria, Y., & Hadi, R. (2021). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Daerah 3T. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 65–75.

Fitriah, R. (2020). Profesionalisme Guru dan Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 55–65.

Hartati, S. (2019). Optimalisasi Sarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 104–112.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kurniawati, D. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Tantangan Sarana Prasarana di Madrasah. Jurnal Madrasah dan Pendidikan Islam, 9(1), 54–63.

Mardiana, H. (2022). Literasi Digital Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 4(2), 123–131.

Muhaimin, A., Suriansyah, A., & Aslamiah. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Guru di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 130–142.

Mulyasa, E. (2021). Kepala Sekolah sebagai Pembina Profesional dalam Implementasi Kurikulum. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 5(2), 88–99.

Mulyasa, E. (2021). Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 5(2), 76–88.

Mulyasa, E. (2021). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Kurikulum Baru. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 5(2), 90–103.

Munir, M. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berbasis Partisipatif. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Sekolah, 6(3), 67–75.

Muslih, M. (2022). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengelola Kurikulum di Era Merdeka Belajar. Jurnal Madrasah, 14(2), 66–74.

Nawawi, H. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Digitalisasi Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 15–26.

Rosyada, D. (2020). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pemanfaatan Sarana dan Prasarana. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 77–85.

Rusdiana, D., & Puspitasari, N. (2021). Ketimpangan Sarana Pendidikan dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Nasional, 5(2), 45–54.

Rustiana, D. (2022). Pengembangan SDM Guru Melalui Komunitas Belajar pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru, 10(2), 176–183.

Sari, D. N. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Menghadapi Keterbatasan Sarana dan Prasarana. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 7(1), 33–41.

Sari, D. N., & Rahman, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Menyukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 18(3), 207–217.

Surya, R., & Widodo, S. (2020). Partisipasi Komite Sekolah dalam Pengembangan Sarana Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 33–42.

Wahyuni, D. (2022). Kendala dan Strategi Pengadaan Sarana Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(2), 88–96.

Wijaya, A., & Nurdin, D. (2020). Birokrasi dan Pendanaan Pendidikan dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 22–33.

Zainuddin, M. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Akademik Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Administrasi dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 39–49.

Zuhdi, M. (2019). Reformasi Pendidikan Islam: Antara Tradisi dan Modernitas. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(1), 45–60.

Zuhri, M., & Yusriadi. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 45–53.

Downloads

Published

21-05-2025

How to Cite

Peran Kepala Madrasah Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di Mas Guppi Samata Gowa. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(5), 189-200. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.332

Similar Articles

11-20 of 104

You may also start an advanced similarity search for this article.