KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDS ULUL ASNA CENDEKIA KAB. TULANG BAWANG

Authors

  • Habibur Rohman NS Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia Author
  • Mispani Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia Author
  • Siti Roudhotul Jannah Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.366

Keywords:

Kreativitas Guru , PAI, Media Pembelajaran

Abstract

Dalam proses belajar mengajar media pembelajaran memiliki arti yang cukup penting. Dengan memanfaatkan media pembelajaran ketidak jelasan materi yang akan disampaikan dapat dibantu melalui perantara media pembelajaran. Kerumitan bahan ajar dapat disederhanakan dengan bantuan media pembelajaran. Dengan demikian dengan menggunakan media pembelajaran diharapkan dapat membantu guru dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang menyenangkan, kondusif, efektif, dan efisien. Pada penelitian ini peneliti akan membahas tentang kreativitas guru PAI pemanfaatan media pembelajaran di SDS Ulul Asna Cendekia Kab. Tulang Bawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran di SDS Ulul Asna Cendekia Kab. Tulang Bawang. Focus penelitian ini adalah kreativitas guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis peneliti dapat disimpulkan bahwa: a. Pemanfaatan media pembelajaran guru PAI di SDS Ulul Asna Cendekia Kab. Tulang Bawang sudah berjalan dengan baik dengan menyesuaikan antara media pembelajaran dengan materi yang akan disampaikan b. Kreativitas guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran di SDS Ulul Asna Cendekia Kab. Tulang Bawang memanfaatkan media LCD/Proyektor, media gambar, power point sehingga dapat menjadi daya tarik peserta didik dalam proses belajar mengajar. Adapun factor pendukung dalam penggunaan media pembelajaran seperti: besarnya keinginan guru, dan peserta didik untuk memanfaatkan media pembelajaran, menarik perhatian dan minat peserta didik dalam belajar, dukungan dari pihak sekolah, tersedianya fasilitas yang dapat digunakan guru meskipun terbatas seperti LCD/Proyektor, printer, laptop. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Keterbatasan fasilitas di sekolah, Kurangnya pemahaman guru tentang teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani, 2006

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016

Bahri Djamarah, Syaiful, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2011), Hal. 191

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2015

Basyiruddin, M. Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2007

Budiyanto, Mangun, Ilmu, Yogyakarta: Griya Santri, 2010

Dirnaludin, Pengembangan Bakat Kreativitas Anak, (No. 19/X/TEKNODIK/Desember/2006)

Emzir, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pres, 2012

H. Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lembaga Pendidikan Umat, 2005

Imron, Arifin, Penelitian Kualitatif dalam Bidang Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan, Malang: Kalimasada, 1994

Jolanda Pentury, Helda, Pengambangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris, (Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 4 No. 3, November 2017)

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 211 Tahun 2011, Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam pada Sekolah.

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang, Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Ghalia Indonesia, 2013

M. Ramli, Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits, (Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol. 13, No. 23, April 2015)

Ma’sum, Abdurrahman, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011

Magdalena, Ina, Fatakhus Shodikoh, Alif, Rachma Pebrianti, Anis, Wardatul Jannah, Azzahra, Susilawati, Iis, Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi, Jurnal Edukasi dan Sains, Vol. 3, No. 2, Agustus 2021.

Majid, Abdul dan Andayani, Dian, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan, (Jakarta: Gaung Persada Pres, 2012), Hal. 187

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005

Nata, Abudin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, Cet. 1, 2010

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005

Ramayulis, Profesi & Etika Keguruan, (Jakarta: Kalam Mulia, 2013), Hal. 1

Roudhotul Jannah, Siti, Yusuf, Muhammad, Choirudin, Darmayanti, Rani, Paranita Ningtyas, Dhita, The Effect of Instructional Media and Interpesonal Intelligence Early Reading Skills, (Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, ISSN: 2549-8959, Vol. 7 Issue 2, 2023).

Rozak, Abd., Fauzan, dan Nurdin, Ali, Kompilasi Undang-undang & Peraturan Bidang Pendidikan, Jakarta: FITK PRESS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2010

S. Nasution, Metode Penelitian Naturalistik, Bandung: Jammars, 1982

Sadiman, Arif S., et.al, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT Grafindo Persada, 2008

Sanaky, Hujair AH, Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2013

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011

Sapron, Ahadi, Mispani, Roudlotul Jannah, Siti, “Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Pada Pelajaran Al-Qur’an Hadits”, Indonesian Jurnal Of Instructional Technology, Vol.03, Number 02, 2022, (DOI: https://doi.org/10.49056/ijit.vi.287).

Soaleha, Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di MTS Ma’had DDI Pangkajene Kabupaten Sidereng Rappang, Tesis Program Pascasarjana UIN Alauddin Makasar, Tahun 2013.

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. RajaGrafindo, 2012

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2012

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014

Sunarto, Pengembangan Kreativitas-Inovatif dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi, (Jurnal Refleksi Edukatika, p-ISSN: 2087-9385 e-ISSN: 2528-696X, 2018)

Thaha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Andi Offset, 1989

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam Jakarta: PT. Bumi Aksara, Cet. Ke-6, 2012

Downloads

Published

15-06-2025

How to Cite

KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDS ULUL ASNA CENDEKIA KAB. TULANG BAWANG. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 467-475. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.366

Similar Articles

1-10 of 65

You may also start an advanced similarity search for this article.