Implementasi Kegiatan Jumat Rohani Terhadap Pembinaan Karakter Siswa Di UPT SMP Negeri 038 Sionom Hudon Tonga

Authors

  • Arip Sitompul Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia Author
  • Dosma Malau Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia Author
  • Elis Kartina Manurung Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia Author
  • Nursalimah Tumanggor Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia Author
  • Sakto Frans Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i5.347

Keywords:

Jumat Rohani (Jumroh), Pembinaan Akhlak Siswa, Pendidikan Agama Kristen dan Islam

Abstract

Orang tua dan Guru pendidikan agama Kristen memiliki tanggung jawab yang sama dalam membentuk karakter dan perilaku yang baik pada siswa, terutama dalam mengatasi kenakalan di lingkungan sekolah. Kesehatan mental (spiritual) merupakan faktor penting yang menentukan akhlak yang baik agar manusia memiliki moral yang mulia. Oleh karena itu, untuk menanamkan nilai-nilai moral pada siswa, sekolah mengadakan kegiatan Jumat Rohani (jumroh), yang dilaksanakan pada awal setiap bulan pada pagi hari Jumat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan iman, pemahaman, penguatan, dan praktik ajaran Kristen, sehingga siswa menjadi orang Kristen yang beriman, takut kepada Tuhan, dan memiliki pola pikir yang mulia. Penelitian ini berfokus pada pengaruh kegiatan Jumat Rohani terhadap pembinaan akhlak siswa yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Agama Kristen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan Jumat Rohani (jumroh) di UPT SMP Negeri 038 Sionom Hudon Tonga dan pengaruhnya terhadap pembinaan akhlak siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu wawancara, observasi, dan studi pustaka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, a. (1995). Etika (Ilmu Akhlak). Teoksessa a. Amin, Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: PT Bulan Bintang.

Andriyani, L. (2016). Pengaruh Kegiatan Rohani ISlam (Rohis) Terhada[ Sikap Beragama Siswa Kelas IX SMP Negeri 14 Tangerang Selatan.

Dahlan, M. (2016). Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlak. Teoksessa M. Dahlan, Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlak. Yogyakarta: Deepublish. Darmadi, D. H. (2018). Face To Face Akhlak Tasawuf Dan Modernisasi.

Teoksessa D. H. Darmadi, Face To Face Akhlak Tasawuf Dan Modernisasi. Gresik: CV. Jendela Sastra Indonesia Press.

Mahardikha, S. K. (2019). pengaruh Kerohanian Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

Nurhayati, D. (2019). Pendidikan Agama Islam. Ciledug, Tangerang: Sejahtera Kita.

Nurnajmi, Z. (2019). PENGARUH SHALAT DHUHA TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR.

Safitri, R. (2018). Pembinaan akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis).

Shihab, M. Q. (2016). Yang Hilang Dari Kita: Akhlak. Ciputat: Lentera Hati.

Wahyuni, S. (2021). Peran guru pendidikan agama Kristen dalam membentuk karakter peserta didik. Penerbit NEM

Downloads

Published

23-05-2025

How to Cite

Implementasi Kegiatan Jumat Rohani Terhadap Pembinaan Karakter Siswa Di UPT SMP Negeri 038 Sionom Hudon Tonga. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(5), 441-449. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i5.347

Similar Articles

1-10 of 353

You may also start an advanced similarity search for this article.