ANALISIS TANTANGAN DAN SOLUSI SUPERVISI KLINIS TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KONSEP THE FOUR KEY ROLES OF HR

Authors

  • Abdi Yusuf Radinata UIN Antasari Banjarmasin Author
  • Wahdatul Ramadani UIN Antasari Banjarmasin Author
  • Dina Hermina UIN Antasari Banjarmasin Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.567

Keywords:

Supervisi Klinis, Kinerja Guru, The Four Key Roles of HR, Pendidikan Agama Islam, Pengembangan Profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan solusi dalam implementasi supervisi klinis terhadap kinerja guru dengan menggunakan konsep The Four Key Roles of HR yang dikembangkan oleh Dave Ulrich. Supervisi klinis merupakan strategi yang penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru dengan pendekatan kolaboratif. Namun, implementasi supervisi klinis sering menghadapi hambatan, seperti keterbatasan waktu, beban kerja yang tinggi, serta kurangnya dukungan manajerial dan kepercayaan antara supervisor dan guru. Melalui penerapan konsep The Four Key Roles of HR, yaitu sebagai Strategic Partner, Change Agent, Administrative Expert, dan Employee Champion, hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan pendekatan yang lebih efektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi klinis yang lebih terstruktur dan berbasis data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal Hawi. (2013). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. PT.RajaGrafindo Persada.

Carl D. Glickman, Stephen P. Gordon, & Jovita M. Ross-Gordon. (2013). Supervision and instructional leadership: A developmental approach. Pearson Education.

Dave Ulrich. (1997). Human Resource Champions: The Next Agenda for Adding Value and Delivering Results. Harvard Business Press.

Dian Suci Oktafiami & Miftahir Rizqa. (2024). Peran Guru Sebagai Administrator di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 132–141. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.783

Firdiansyah, T. A. (2021). Komunikasi Efektif dalam Pelaksanaan Supervisi Klinis oleh Kepala Madrasah. Arfannur, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.428

Handayani, R., Ahyani, N., & Nurlina, N. (2024). Pengaruh Supervisi Klinis dan Pengawasan Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 219–232. https://doi.org/10.34125/jmp.v9i2.305

Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah (Cet. I). DIVA Press.

Kiya, L. T. A. & Akhmad Rifai. (2022). Komunikasi Efektif Supervisor dalam Penyelenggaraan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Mts. Nurul Fata. SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 65–84. https://doi.org/10.37842/sinau.v8i1.81

Malayu S.P. Hasibuan. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi (Cet. 1). Remaja Rosdakarya.

Nurfuadi. (2021). Kompetensi Profesional guru Pendidikan agama Islam Dalam manajemen mutu pembelajaran. Lutfi Gilang.

Rothwell, C., Kehoe, A., Farook, S. F., & Illing, J. (2021a). Enablers and barriers to effective clinical supervision in the workplace: A rapid evidence review. BMJ Open, 11(9), e052929. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2021-052929

Rothwell, C., Kehoe, A., Farook, S. F., & Illing, J. (2021b). Enablers and barriers to effective clinical supervision in the workplace: A rapid evidence review. BMJ Open, 11(9), e052929. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2021-052929

Siemze Joen, Purnamawati, & Amiruddin. (2022). Kinerja Guru: Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Magama.

Syahid Nur Arifin, Mustafa Zahir, Taufik Nur Azis, & Farid, A. (2023). Implementasi Program Pembinaan Kompetensi Profesional Guru di Smk Darunnajah Cipining. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan dan Agama, 1(3), 42–48. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i3.243

Yuni Aprilianti. (2024). Buku Ajar Supervisi Pendidikan. Bening media Publishing.

Downloads

Published

25-06-2025

How to Cite

ANALISIS TANTANGAN DAN SOLUSI SUPERVISI KLINIS TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KONSEP THE FOUR KEY ROLES OF HR. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 848-862. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.567

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 195

You may also start an advanced similarity search for this article.