Implementasi Kurikulum Diniyah di SDIT Alfadiyah
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.388Keywords:
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Implementasi , Kurikulum DiniyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum diniyah di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alfadiyah. Kurikulum diniyah merupakan bagian integral dari sistem pendidikan Islam yang bertujuan menanamkan nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran formal sejak dini. Dalam konteks pendidikan dasar, penerapan kurikulum ini menjadi landasan penting dalam membentuk karakter religius siswa serta memperkuat identitas keislaman mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam dengan pihak sekolah, serta analisis dokumentasi kurikulum dan laporan kegiatan. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai dinamika pelaksanaan kurikulum diniyah dalam keseharian sekolah. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk menggambarkan temuan secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum diniyah di SDIT Alfadiyah cukup efektif. Keberhasilan ini didukung oleh keterlibatan guru-guru yang memiliki kompetensi keislaman yang baik, manajemen sekolah yang terstruktur, serta partisipasi aktif orang tua dalam mendukung kegiatan keagamaan siswa. Kurikulum diniyah diterapkan melalui berbagai kegiatan seperti pembelajaran kitab, hafalan Al-Qur'an, serta pembiasaan ibadah harian yang terintegrasi dalam jadwal sekolah. Namun demikian, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam implementasi kurikulum ini. Salah satunya adalah keterbatasan waktu pembelajaran yang harus disesuaikan dengan kurikulum nasional. Selain itu, adanya perbedaan latar belakang kemampuan siswa dalam memahami materi keagamaan juga menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan evaluasi berkala terhadap pelaksanaan kurikulum serta pengembangan model pembelajaran diniyah yang adaptif, kontekstual, dan mampu mengakomodasi keragaman peserta didik.
Downloads
References
Abdullah, M. A. (2014). Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika dalam Ilmu Keislaman. Yogyakarta: IRCiSoD.
Abuddin Nata. (2012). Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Jakarta: Kencana.
Al-Abrasyi, M. A. (2013). Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.
Departemen Agama RI. (2004). Kurikulum dan Silabus Pendidikan Agama Islam SD. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam.
Epstein, J. L. (2001). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Boulder: Westview Press.
Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Kementerian Agama RI. (2017). Pedoman Program Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah dan Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam.
Muhaimin. (2011). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, H. (2000). Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan.
Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sauri, S. (2006). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.
Suyanto. (2010). Menyiapkan Pendidikan Anak Usia Dini yang Berkualitas. Jakarta: Depdiknas.
Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. ASCD.
Zamroni. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Yogyakarta: UNY Press.
Zamroni. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep Dasar dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: LKiS.
Zuhdi, M. (2015). “Modernization of Islamic Education in Indonesia: Thoughts and Practices of Nurcholish Madjid and Abdurrahman Wahid,” QIJIS: Qudus International Journal of Islamic Studies, 3(1), 21–45.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sanniati Muddin, Siti Azisah, Muh Wayong (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.