PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRICE (HARGA), LOCATION (LOKASI) TERHADAP  KEPUASAN KONSUMEN WARKOP YUMIN PANGKALPINANG

Authors

  • Rachmat Fadhillah Universitas Bangka Belitung, Indonesia Author
  • Hamsani Universitas Bangka Belitung, Indonesia Author
  • Ari Agung Nugroho Universitas Bangka Belitung, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.480

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Lokasi, Harga, Stor Atmosphere

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere, Harga, dan Lokasi terhadap kepuasan konsumen Warkop Yumin Pangkalpinang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh semakin ketatnya persaingan dalam industri warung kopi, dimana para pelaku usaha dituntut untuk mampu menciptakan keunggulan bersaing melalui suasana yang nyaman, harga yang terjangkau, dan lokasi yang strategis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 96 responden yang merupakan pelanggan tetap Warkop Yumin. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Store Atmosphere, Harga, dan Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Warkop Yumin perlu terus meningkatkan store atmosphere, menjaga kestabilan harga, dan menjaga lokasi yang strategis agar kepuasan konsumen dapat meningkat. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variasi variabel Store Atmosphere, Price, Location mampu menjelaskan kepuasan sebesar 62% dan sisanya sebesar 38% dijelaskan sebagai variabel eksternal penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, N., Khalikussabir, K., & Wahono, B. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Cafe Sendi Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(16).

Angelina, M., & Sukaris, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmoshphere, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Coffeshop Sekaruang di Kota Gresik. YUME: Journal of Management, 5(3), 637-657.

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Atmaja, D. P., & Adiwinata, M. F. (2013). Pengaruh produk, harga, lokasi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di kopitiam OEY Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 551-562.

Basuki, R. A., & Widiastuti, W. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Journal For Business And Entrepreneurship, 5(1).

Enggal, T. W., Bukhori, M., & Sudaryanti, D. (2019). Analisa Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Baju di Beberapa Departement Store di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(2), 61-70.

Erlangga, H., Jasmani, J., & Nurjaya, N. (2019). Pengaruh Kegiatan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Modise Busana Sejati Di Bandung. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4), 300-308.

Fahrizi, A., & Deseria, R. (2022). Analisis Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai Kopi Pada Suka Pangkalpinang. AKDBB Journal of Economics and Business, 1(2), 61-72.

Gunawan, I., Sumantyo, F. D. S., & Ali, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Suasana Tempat terhadap Kepuasan Konsumen pada WR. Gado-Gado Maya. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, 1(1), 1-17.

Hasan, Ali ,2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan , CAPS (Center for Academic PublishingService): Yogyakarta.

Heizer, Jay dan Render, Barry. 2015.Manajemen Operasi.Jakarta: Salemba Empat Herlambang, S. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Isnandari Sunarti, A. (2018). Pengaruh kualitas produk, Store Atmosphere, dan Harga terhadap kepuasan konsumen (survei pada Java Dacer Coffe). Jurnal Administrasi. Fak. Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya, 60 (3).

Katarika, D. M., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(2), 162-171.

Khatab, J. J., Esmaeel, E. S., & Othman, B. (2019). The influence of service quality on customer satisfaction: Evidence from public sector and private sector banks in kurdistan/iraq. International Journal of Advanced Science and Technology, 28(20), 865-872.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Philip Kotler. Astromax Entertainment.

Kotler, philip., dan Kevin lane Keller. 2010. Manajemen. Edisi Ketiga Belas. Jilid 2 Jakarta: penerbit Erlangga

Kotler,Philip,KevinLaneKeller.2013.MarketingManagement14thedition.Usaprent ichal

Laksmono, Z. S., & Suddin, A. Sutarno. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Steak di Punggawan Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausausahaan Petra, 16, 213-226.

Lestari, R. T., Haryono, D., Adawiyah, R., & No, J. P. D. S. B. (2022). Ikap, Pola Konsumsi, Dan Kepuasan Konsumen Kopi KETJE di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 10(2).

Lestari, U. P., & Sinambela, E. A. (2022). Keputusan Tempat Pembelian berdasarkan Kualitas Layanan, Suasana Toko, dan Persepsi Harga. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 5(2), 87-97.

Mastarida, F., Rumondang, A., Setiawan, Y. B., Kurniullah, A. Z., Revida, E., Purba, S., ... & Sudarso, A. (2020). Service Management. Yayasan Kita Menulis.

Montung, P. (2015). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan di restoran kawan baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Mursid. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari. 2013. MetodePenelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : UGM Press

Nurazizah, D., Ambarwati, D., & Jatmiko, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan di UD. Indokey kediri. Gemilang: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(4), 76-86.

Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.

Ompusunggu, M. P., & Djawahir, A. H. (2014). Gaya hidup dan fenomena perilaku konsumen pada Warung Kopi di Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 188-196.

Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-122.

Pio, J., Mamuaya, N. C., & Angmalisang, S. (2022). Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Janji Jiwa Jilid 667 Tomohon. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 2019-2030.

Priansa. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer (edisi 1) Alfabeta

Purnamasari, N. D., & Hidayat, A. M. (2016). Analisis pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan pada Warung Misbar Bandung tahun 2016. eProceedings of Applied Science, 2(2).

Purwanto, E. (2020). Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual. Journal of Applied Managerial Accounting, 4(2), 248-253.

Putri, A. P., Wongkar, A., Michael, M., & Balliansa, M. R. (2020). The Influence of Product Quality, Price, and Service Quality in Customer Loyalty at PT. Cybernetic Makmur Lestari. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 2864-2879.

Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6).

Ramli, Samsul. 2013. Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka

Ratih Hurriyani.2015. Bauran Pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta

Ratnasari, A. D., & Harti, H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3).

Rorimpandey, J. N., Sepang, J. L., & Arie, F. V. (2017). Analisis Pengaruh Store Atmosphere Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Di Caf㉠Black Cup Coffee & Roastery. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Sanjaya, S. (2017). Pengaruh promosi dan merek terhadap keputusan pembelian pada pt. Sinar sosro medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2).

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana

Satriadi, et al. (2021). Manajemen Pemasaran. DI Yogakarta: Samudra Biru

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV. Alfabelta, Bandung

Sunyoto, D. (2015). Perilaku konsumen dan pemasaran. Yogyakarta: Caps. Syehabudin, A. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Hoax Cuiiiih Bandung (Suatu Survey Pada Konsumen Distro Hoax Cuiiiih Bandung) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan dan Penelitian (1st ed.). Penerbit Andi Yogyakarta.

TjiptonoFandy, 2015, Strategi Pemasaran,Edisi 4, Andi, Yogyakarta

Umami, R., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250-257.

Wicaksana, W. (2019). Pentingnya Kepuasan Pelanggan pada suatu bisnis. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 317-323.

Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone.

Yulianto, A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Tenda Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(10).

Zainurossalamia, Saida. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Nusa Tenggara Barat ; Forum Pemuda Aswaja.

Downloads

Published

16-06-2025

How to Cite

PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRICE (HARGA), LOCATION (LOKASI) TERHADAP  KEPUASAN KONSUMEN WARKOP YUMIN PANGKALPINANG. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 326-362. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.480

Similar Articles

11-20 of 54

You may also start an advanced similarity search for this article.