IMPLEMENTASI ALGORITMA DIVIDE AND CONQUER PADA APLIKASI PEMBELAJARAN TAJWID AL-QUR’AN BERBASIS WEBSITE DI TPQ NURUL SYUHADA
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.573Keywords:
Penarikan Produk, Strategi Penanganan Produk, Kepuasan Konsumen, Analisis SWOTAbstract
Ilmu tajwid merupakan bagian penting dalam membaca Al-Qur’an dengan benar dan sesuai kaidah. Namun, pembelajaran tajwid di TPQ Nurul Syuhada masih dilakukan secara konvensional dan kurang interaktif, sehingga pemahaman siswa kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran tajwid berbasis website yang disesuaikan untuk anak-anak TPQ, agar pembelajaran menjadi lebih menarik, sistematis, dan mudah diakses.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan evaluasi. Materi tajwid pada aplikasi disusun secara bertingkat dan terstruktur menggunakan pendekatan pembagian topik (divide and conquer), sehingga siswa dapat memahami pelajaran secara bertahap. Aplikasi juga dilengkapi fitur latihan soal dan kamus tajwid, serta dirancang dengan antarmuka yang ramah anak. Hasil dari pengembangan menunjukkan bahwa aplikasi dapat menampilkan materi tajwid secara sistematis dan mudah dipahami oleh siswa. Aplikasi ini membantu siswa belajar secara mandiri dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi. Dengan adanya media pembelajaran ini, proses belajar mengajar di TPQ Nurul Syuhada menjadi lebih efektif dan efisien.
Downloads
References
Abdullah, AN (2015). Kegunaan situs web dan dimensi budaya di universitas Malaysia dan Australia. Asian Social Science , 11 (9), 1.Alam, T. (2010). Ilmu Tajwid. Amzah.
Andriani, A., Faizah, A., Lazulfa, I., & Istiqomah, I. (2021). Aplikasi belajar tajwid menggunakan binary search. Jurnal Eltek, 19(2), 1–8.
Azis Sholechul. (2013). Gampang dan gratis membuat website: Web personal, organisasi dan komersil. Lembar Langit Indonesia.
CNBC Indonesia. (2022, 18 Juni). 7 pengertian website menurut ahli lengkap jenis & fungsinya. Diakses 20 April 2025, dari
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220618152119-37-348229/7-pengertian- website-menurut-ahli-lengkap-jenis-fungsinya
Della, R., Nasution, M. D. F., Hidayati, R. N., & Arian, N. N. (2023). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis Android. Jurnal Vokasi Informatika, 21–29.
Brigida dalam Winda Fandella (2015:14) Unified Modelling Language”(UML) dari : https://repository.uisu.ac.id/bitstream/123456789/2966/3/Chapter%20I%2CII.pdf
Gregorius. (2000). Konsep dasar website menurut para ahli diakses 20 April 2025, dari http://eprints.ubhara.ac.id/871/7/BAB%203.pdf
Humam, K. H. A. (2006). Ilmu Tajwid. Team Tadarus AMM Yogyakarta.
Isty, I., & Afifah, N. (2018). pages dengan database relational MySQL. C.V. Andi Offset.
Kumparan. (n.d.). Pengertian aplikasi secara umum menurut para ahli dan jenis-jenisnya. Diakses 20 April 2025, dari https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/pengertian- aplikasi-secara-umum-menurut-para-ahli-dan-jenis-jenisnya-214pjjjJE1Z/full
Kustiyaningsih. (2011). PHP. (hlm. 114).
Mutiawani, V. (2018). Kepotajwid: Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis web interaktif. IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics), 2(2), 77–88.
Sagala, S. (2009). Pembelajaran: Proses komunikasi dua arah. Jurnal Pendidikan, 61, 1–10. Sitorus, L. (2015). Algoritma dan Pemrograman (hlm. 2). Penerbit Andi.
Subhan Nur, H. (2009). Pintar Membaca Al-Qur'an Tanpa Guru. QultumMedia.
Suryani, D., Irfan, M., Uriawan, W., & Zulfikar, W. B. (2016). Implementasi algoritma divide and conquer pada aplikasi belajar ilmu tajwid. Jurnal Online Informatika, 1(1), 13–19.
Tim, E. M. S. (2014). Teori dan praktik PHP-MySQL untuk Pemula. Elex Media Komputindo.
UNIKOM Repository. (n.d.). Algoritma Divide and Conquer. Diakses 15 April 2025, dari https://repository.unikom.ac.id/37837/1/Algoritma%20Devide-and-Conquer.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Roli Novianda, Khairuddin Nasution, Mhd. Aulia Ichsan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










