PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS

Authors

  • Lia Rosilianti Universitas Pasundan, Indonesia Author
  • Dadang Iskandar Universitas Pasundan, Indonesia Author
  • Acep Roni Hamdani Universitas Pasundan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.525

Keywords:

Hasil Belajar, Project Based Learning, Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment, dan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Cilisung 01, yang dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji effect size dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dengan peserta didik di kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 89,4 > nilai rata-rata kelas kontrol 78,4. Berdasarkan hasil effect size, model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media wordwall memiliki pengaruh sebesar 1,4 terhadap hasil belajar peserta didik yang termasuk dalam kategori besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media wordwall dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altaftazani, D. H., Arga, H. S., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Membuat Seni Kolase Menggunakan Model Project Based Learning Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185–191.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.

Chairani, A. S. (2020). Keterampilan Dasar Mengajar Guru Memoderasi Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Survei Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kota Bekasi Selatan). Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia, 1–7.

Hakim, A. R. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 1–6.

Ibrahim, R. N. A., Saleh, M., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 205–216.

Isnanto, I., Ahmad, W., & Kudus, K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Aplikasi Wordwall pada Materi Tata Surya di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 155–166.

Ma’wa, P. F., & Purwati, P. D. (2024). Penerapan Media Wordwall Kuis Wordsearch untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Sistem Tata Surya Siswa Kelas VI. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 201–211.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 659–663.

Nuraeni, T., Nurkholis, Aprianti, F., & Dedeh. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 480–489.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rauf, S., Kudus, & Arif, R. M. (2024). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 47 Dumbo Raya Sunarti. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1306–1317.

Rizani, U., & Muljani, S. (2022). Pembelajaran Berkarakter dan Berinovasi Abad 21 Materi Fluida dengan Model Pembelajaran Project Based Learning pada SMK 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 9300, 308–315.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Sukma, J. A. N., & Wulandari, S. S. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3514–3528. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7389

Susilowatiningsih., Wijayanti, A., & Sulianto, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall Di Kelas III SDN Wonotingal. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 5211-5223.

Suwele, F. A., Arifin, I. N., Abdullah, G., Haris, A. H., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di kelas V SDN 3 Kabila Bone. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1131–1141.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 2896–2910.

Zaharah, & Silitonga, M. (2023). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Biodik, 9(3), 139–150.

Zamhari, Noviani, D., & Zainuddin. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10.

Downloads

Published

20-06-2025

How to Cite

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 613-625. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.525

Similar Articles

11-20 of 188

You may also start an advanced similarity search for this article.