PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DIBMT SURYA RAHARJA

Authors

  • Vera Melinda Agustina Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Author
  • Niniek Widiarochmawati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i9.936

Keywords:

motivasi, kualitas pelayanan, minat menanbung, BMT, Lembaga keuangan syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung masyarakat di BMT Surya Raharja. Lembaga keuangan syariah seperti BMT memiliki peran penting dalam membentuk kebiasaan menabung, terutama melalui pendekatan pelayanan yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 54 responden yang merupakan nasabah aktif BMT Surya Raharja. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Variabel independen dalam penelitian ini adalah motivasi dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel dependennya adalah minat menabung. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,503, yang berarti motivasi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mampu menjelaskan minat menabung sebesar 50,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung, dengan nilai signifikansi 0,957 (> 0,05). Sebaliknya, kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung, dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam model ini, motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat di BMT Surya Raharja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

MS, Abd Hanan Asrawi. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung Masyarakat di BMT Trans Mukti Tama Syariah Masamba (Studi pada Pedagang Pasar Sentral Masamba).” Repository.Iainpalopo.Ac.Id.

Wandira, A. (2018). Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung Di Bank Syari’ah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Japlani, A., Fitriani, F., & Mudawamah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Cabang BMT Fajar Metro Pusat. Fidusia: Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 3(1).

Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(2), 277-297.

Nurmalasari, A. (2019). Pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap minat menabung mahasiswa perbankan syariah angkatan 2016 iain ponorogo di bank bri syariah kcp ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Tiyas, A. S. (2021). Pengaruh Motivasi Menabung dan Pengetahuan Tentang Produk Perbankan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia KCP MT. Haryono Magetan (Studi Pada Masyarakat Desa Setren Bendo Magetan) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Amani, A. Z. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Minat Menabung di BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Khairan, K. K. K. (2024). Strategi Sistem Jemput Bola Dalam Meningkatkan Motivasi Menabung Nasabah Pada BMT UGT Nusantara Cabang Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 6(1), 90-113.

Muchlisin Riadi, “Baitul Maal Wat Tamwil”, 16 februari 2014. http://www.kajianpustaka.com/2014/02/baitul-maal-wat-tamwil-bmt.html

Huda, N., & Heykal, M. (2010). Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Kencana.

Aris . 2021. Teori Motivasi: Pengertian, Sejarah, dan Cara Membangun Motivasi Diri. (https://www.gramedia.com/literasi/teori-motivasi/?srsltid=AfmBOoo3oDGmYsgQgDtJZU__411IgVo-xa9nnDR1h9fuovqkYvbQUqXN), diakses 26 Desember 2024.

Prassetio, E. (2017). Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Tangerang Selatan) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Said, A. (2016). Pengaruh Brand Image, Word of Mouth, Dan Iklan, Terhadap Minat Menabung Di Bmt Se-Kabupaten Demak (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).

Guntara A. 2020. BAB II URAIAN TEORITIS DAN HIPOTESIS MINAT MENABUNG. ( https://www.google.com/url?sa=i&url=http%3A%2F%2Frepository.dharmawangsa.ac.id%2F183%2F5%2FBAB%2520II_15510333.pdf&psig=AOvVaw2eBdv1zDyO9W_WtKG7tYlQ&ust=1735382171189000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CAYQrpoMahcKEwi4z4vA4MeKAxUAAAAAHQAAAAAQDQ ), diakses pada 26 Desember 2024

Nurmalasari, D. (2020). Pengaruh Motivasi, Kualitas Pelayanan, dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta).

Prassetio, E. (2017). Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Tangerang Selatan) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Nuryanti, S. F. T., & Husaen, F. D. (2024). "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Produk, dan Tingkat Pendapatan Mahasiswa Muslim terhadap Minat Menabung di BMT." el-Amwal, 7(1).

Yesi, R., & Harliana. (2022). "Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung di BMT Syariah Riyal KCP Karang Satria Kabupaten Bekasi." Mulia Pratama Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 1-11.

Mauludia, Z., & Mulyani, S. (2023). Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Minat Anggota Untuk Menabung:(Studi Pada BMT Al-Hijrah KAN Jabung Syari’ah Jatim). An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah, 4(1), 20-38.

Hasan, N. I., & Sari, D. N. (2021). Pengaruh Motivasi, Kualitas Pelayanan, Dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Pada Laz Yatim Mandiri. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 141-155.

Kotler, P. (2002)"Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan dan Implementasi Kontrol". Jakarta: Salemba Empat.

Ma"ruf, S. (2024) "Non Probability Sampling Adalah : Teknik Sampel dan Contoh ". Non Probability Sampling Adalah : Teknik Sampel dan Contoh(Online). diakses pada 5 januari 2025

Alfath, Jamal. 2021. “TEORI HARAPAN Menurut Victor H.vroom.” scribd. https://www.scribd.com/document/531786203/TEORI-HARAPAN-Menurut-Victor-H-vroom

Wardiningsih, E., & Mayasari, H. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, 8(2), 40-51.

Syahrizal, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Di BRI Syariah KCP Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Downloads

Published

19-09-2025

How to Cite

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT DIBMT SURYA RAHARJA. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(9), 222-236. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i9.936

Similar Articles

21-30 of 90

You may also start an advanced similarity search for this article.