Hambatan Konseptual dan Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Bangun Ruang di SDN Duren Sawit 06: Tinjauan Literatur
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.322Keywords:
Konseptual, Miskonsepsi, Siswa, Bangun RuangAbstract
Materi bangun ruang merupakan salah satu topik geometri yang penting namun menantang dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar, terutama karena menuntut kemampuan visualisasi spasial dan pemahaman konsep yang abstrak. Tingginya tingkat miskonsepsi dan hambatan konseptual pada siswa kelas V di SDN Duren Sawit 06, studi dan data nasional seperti AKM, mencerminkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual, visual, dan manipulatif guna meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap geometri. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan menganalisis berbagai sumber sekunder seperti jurnal ilmiah, prosiding, dan laporan penelitian yang relevan dalam lima hingga sepuluh tahun terakhir. Melalui analisis isi terhadap literatur yang diperoleh dari basis data seperti Google Scholar, ERIC, dan ScienceDirect, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola miskonsepsi, hambatan konseptual, serta faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi bangun ruang. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V di SDN Duren Sawit 06 mengalami berbagai hambatan konseptual dan miskonsepsi dalam mempelajari bangun ruang, yang dipengaruhi oleh kurangnya media konkret, strategi pembelajaran yang tidak kontekstual, penggunaan bahasa matematika yang tidak tepat, serta rendahnya kemampuan visualisasi spasial. Faktor-faktor ini tidak hanya menghambat pemahaman geometris, tetapi juga menurunkan minat dan hasil belajar matematika siswa secara jelas terlihat.
Downloads
References
Al-Qonuni, S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa smp pada materi perbandingan dengan menggunakan four tier diagnostic test. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(02), 205–214.
Amalia, N., Hikmawati, R., Maula, I., Nadhiro, U., Putri, D., & Fatimah, S. (2024). Miskonsepsi Pengukuran Sudut Segitiga Kelas IV SD: Kajian Literatul. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 99–105.
Dahlan, M., & Kurniasari, I. (2022). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MENGGUNAKAN THREE TIER-TEST. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 499–511.
Harahap, N. R., & Wandini, R. R. (2024). Miskonsepsi Materi Bangun Ruang di PGMI 3 UIN Sumatera Utara. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 106–111.
Hidayah, A., & Maemonah. (2022). ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Symmetry| Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(1), 232–240.
Kumalasari, O. D., Samsiyah, N., & Pujiati, W. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS III SD N PILANGKENCENG 01 MADIUN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5561–5573.
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Juandi, D. (2021). Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Pustaka. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(1), 1–20.
Niryan, A., & Habibi, M. (2024). Desain Didaktis Jaring-Jaring Bangun Ruang dengan AR dan Benda Konkret. Journal of Education Research, 5(3), 4020–4035.
Pitria, P. R., Nur’aeni, E., & Muharram, M. R. W. (2021). MODEL PEMBELAJARAN SPADE: SOLUSI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR (TINJAUAN SISTEMATIS). De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 112–124.
Putri, J. H., Diva, D. F., Dalimunthe, N. F., & Prasiska, M. (2024). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tinjauan Literatur terhadap Penelitian-Penelitian Terbaru. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(3), 580–589.
Rahayu, S., Wicaksono, V. D., Selviari, & Budiyanto, S. (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN ETNO-STEAM PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR Sri. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 387–401.
Ramadhani, R., & Wandini, R. R. (2024). SLR: Miskonsepsi Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Bangun Datar. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 76–85.
Sari, S. P., Probosiwi, N., Siswidiasari, A., & Ilmi, T. (2024). EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN INFEKSI SALURAN KEMIHRAWAT INAP DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK LOMBOK DUA DUA SURABAYA TAHUN 2023. MUTIARA, 2(3), 1025–1038.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukmana, O. (2024). Analisis Permasalahan Belajar Matematika Siswa SD Negeri Cikampek Kota. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(2), 81–87.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ari Whindayati, Supardi. U.S (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.