MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA TEKS DESKRIPSI DENGAN METODE PERMAINAN KATA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 GUNUNG BINTANG AWAI
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.468Keywords:
keterampilan berbicara, teks deskripsi, metode permainan kata, pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara teks deskripsi siswa melalui penerapan metode permainan kata. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP Negeri 4 Gunung Bintang Awai dengan jumlah responden sebanyak 42 siswa, terdiri atas 20 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berbicara teks deskripsi serta lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan berbicara siswa di kelas eksperimen setelah diterapkan metode permainan kata. Rata-rata skor posttest kelas eksperimen meningkat secara mencolok dibandingkan kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi berada di bawah 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan metode permainan kata terhadap keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian, metode permainan kata dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara teks deskripsi siswa SMP.
Downloads
References
Kemendikbud. (2020). Panduan Penilaian Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Direktorat SMP.
Krashen, S. D. (1985). The Input Hypothesis: Issues and Implications. London: Longman.
Plonsky, L., & Oswald, F. L. (2014). How big is “big”? Interpreting effect sizes in L2 research. Language Learning, 64(4), 878 912.
Sari, P., & Kurniawan, E. (2023). Pengaruh permainan linguistik terhadap penguasaan kosakata lisan siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 101 110.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Yuliana, N. (2022). Gamification dalam pengajaran speaking: Studi eksperimen pada siswa SMP. Lingua Didaktika, 16(1), 65 77.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masita, Maman Suryaman, Esti Swatika Sari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.