PERANCANGAN MATCH CARDGAME SUKAA SEBAGAI MEDIA EDUKASI SEJARAH KAA UNTUK USIA 12-15 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i9.912Keywords:
Cardgame, Sejarah, Sejarah KAAAbstract
Konferensi Asia Afrika (KAA) merupakan peristiwa bersejarah yang penting dalam perjuangan melawan kolonialisme dan menjadi tonggak solidaritas negara-negara Asia dan Afrika. Namun materi sejarah yang kompleks dan media edukasi yang cenderung formal menjadi tantangan utama dalam proses pemahaman sejarah oleh generasi muda. Berdasarkan hasil studi literatur, observasi, wawancara, serta kuesioner responden remaja, ditemukan bahwa pendekatan visual dan interaktif edukatif lebih disukai dan lebih dalam menyampaikan pesan. Perancangan media pembelajaran dalam bentuk cardgame edukatif ini bertujuan untuk memperkenalkan negara peserta KAA dan pidato-pidato perwakilannya yang dikaitkan dengan keseharian anak remaja seacara lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Media ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar sejarah, memberikan pemahaman, serta menanamkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya kepada remaja. Dengan pendekatan yang disesuaikan cardgame ini diharapkan menjadi solusi inovatif dalam edukasi sejarah yang relevan pada masa kini dan menyenangkan.
Downloads
References
Abdulgani, Roeslan. 1980. The Bandung Connection. 2013th ed.
Aji Mahardika, Putra, Anisa amalia wahyuni, Irhamna R. Fauzulazhim, Hasan Nasrulloh, Ratna Khairinnisa, Ari Prasetyo Aji, and Oka Agus Kurniawan Shavab. 2024. “Efektifitas Media Pembelajaran Game Card Terhadap Materi Sejarah Australia Di Kelas XI IPS 4 Di SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya.” King Jurnal Sejarah Indonesia.
Al-Furqaan, Muh. Adib Givari. 2023. “SEJARAH TERBENTUK DAN PERKEMBANGAN KOMUNITAS MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA PADA TAHUN.”
Arrumaisha, Dalila, Rosa Karnita, and Sri Retnoningsih. n.d. Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Wisata Sejarah Pada Bandung Historical Study Games.
Diana, Husnud. 2022. “Game Based Learning Berbantuan Media Board Game Klaster Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 6(2):661–76. doi:10.26811/didaktika.v6i2.622.
Gonzalo-Iglesia, Juan Luis, Natàlia Lozano-Monterrubio, and Jordi Prades-Tena. 2018. “Noneducational Board Games in University Education. Perceptions of Students Experiencing Game-Based Learning Methodologies.” Revista Lusofona de Educacao 41(41):45–62. doi:10.24140/issn.1645-7250.rle41.03.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ainne Putri Gantini, Sri Retnoningsih (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










