PERANCANGAN MATCH CARDGAME SUKAA SEBAGAI MEDIA EDUKASI SEJARAH KAA UNTUK USIA 12-15 TAHUN

Authors

  • Ainne Putri Gantini Institut Teknologi Nasional Author
  • Sri Retnoningsih Institut Teknologi Nasional Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i9.912

Keywords:

Cardgame, Sejarah, Sejarah KAA

Abstract

Konferensi Asia Afrika (KAA) merupakan peristiwa bersejarah yang penting dalam perjuangan melawan kolonialisme dan menjadi tonggak solidaritas negara-negara Asia dan Afrika. Namun materi sejarah yang kompleks dan media edukasi yang cenderung formal menjadi tantangan utama dalam proses pemahaman sejarah oleh generasi muda. Berdasarkan hasil studi literatur, observasi, wawancara, serta kuesioner responden remaja, ditemukan bahwa pendekatan visual dan interaktif edukatif lebih disukai dan lebih dalam menyampaikan pesan. Perancangan media pembelajaran dalam bentuk cardgame edukatif ini bertujuan untuk memperkenalkan negara peserta KAA dan pidato-pidato perwakilannya yang dikaitkan dengan keseharian anak remaja seacara lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Media ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar sejarah, memberikan pemahaman, serta menanamkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya kepada remaja. Dengan pendekatan yang disesuaikan cardgame ini diharapkan menjadi solusi inovatif dalam edukasi sejarah yang relevan pada masa kini dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulgani, Roeslan. 1980. The Bandung Connection. 2013th ed.

Aji Mahardika, Putra, Anisa amalia wahyuni, Irhamna R. Fauzulazhim, Hasan Nasrulloh, Ratna Khairinnisa, Ari Prasetyo Aji, and Oka Agus Kurniawan Shavab. 2024. “Efektifitas Media Pembelajaran Game Card Terhadap Materi Sejarah Australia Di Kelas XI IPS 4 Di SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya.” King Jurnal Sejarah Indonesia.

Al-Furqaan, Muh. Adib Givari. 2023. “SEJARAH TERBENTUK DAN PERKEMBANGAN KOMUNITAS MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA PADA TAHUN.”

Arrumaisha, Dalila, Rosa Karnita, and Sri Retnoningsih. n.d. Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Wisata Sejarah Pada Bandung Historical Study Games.

Diana, Husnud. 2022. “Game Based Learning Berbantuan Media Board Game Klaster Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 6(2):661–76. doi:10.26811/didaktika.v6i2.622.

Gonzalo-Iglesia, Juan Luis, Natàlia Lozano-Monterrubio, and Jordi Prades-Tena. 2018. “Noneducational Board Games in University Education. Perceptions of Students Experiencing Game-Based Learning Methodologies.” Revista Lusofona de Educacao 41(41):45–62. doi:10.24140/issn.1645-7250.rle41.03.

Downloads

Published

08-09-2025

How to Cite

PERANCANGAN MATCH CARDGAME SUKAA SEBAGAI MEDIA EDUKASI SEJARAH KAA UNTUK USIA 12-15 TAHUN. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(9), 34-48. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i9.912

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.