Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.96Keywords:
Gadget, Perkembangan Sosial, Perkembangan Emosial Anak-anak, TeknologiAbstract
Penggunaan gadget pada anak-anak menjadi semakin umum seiring berkembangnya teknologi elektronik. Artikel ini membahas tentang dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial dan emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, tergantung pada aspek yang ingin diteliti. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur hubungan antara penggunaan gadget dan perkembangan sosial anak, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai dampak emosional dari penggunaan gadget. penggunaan gadget yang berlebihan atau tidak terkontrol bisa menghambat perkembangan sosial, seperti kemampuan berkomunikasi, empati, dan kerjasama, karena kurangnya interaksi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, penggunaan gadget yang berlebihan bisa memicu masalah emosional, seperti kecemasan, stres, dan gangguan regulasi emosi. Di sisi lain, penggunaan gadget secara bijak dan terarah bisa memberikan manfaat, seperti mendukung pembelajaran interaktif, kreativitas, dan perkembangan digital. Artikel ini menekankan pentingnya peran orang tua dan pendidik dalam membimbing anak menggunakan gadget, termasuk mengatur waktu menggunakan gadget, pengawasan terhadap konten yang ditonton, dan tetap mengajak anak berinteraksi sosial yang sehat. Dengan pengawasan dan bimbingan yang tepat dalam menggunakan gadget, dampak negatif dapat diminimalkan, dan manfaat gadget dapat dioptimalkan untuk mendukung perkembangan anak secara menyeluruh.
Downloads
References
Jati dan Herawati.2014.Segmentasi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY dalam Menggunakan Gadget.http://ejournal.uajy.ac.id/5741/. Diakses 14 Mei 2018
Widiawati, I, Sugiman, H & Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur. E-journal Keperawatan, 6, 1-6
Al-Ayouby, M Hafiz. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Mayar, Farida. (2013). PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI SEBAGAI BIBIT UNTUK MASA DEPAN BANGSA. AL Ta’lim Journal 20 (3), 459-464
Latifa, Umi (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar:Masalah dan Perkembangannya. Academica: Journal Of Mutlidisciplinary Studies I (2), 185-196
Warisyah, Yusmi. (2015). PENTINGNYA “PENDAMPINGAN DIALOGIS” ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI. Seminar Nasional Pendidikan, 130-138.
Ridwan, Admin. (2017). PERAN GURU AGAMA DALAM BIMBINGAN KONSELING SISWA SEKOLAH DASAR. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 4 (1), 1-13.
Komalasari, M. D., Widyaningsih, N., Kassymova, G. K., Yuqi, F., Mustafa, L. M., & Bamiro, N. B. (2023). Exploring the potential of integrating local wisdom into the development of pocket book Learning media: A systematic literature review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(10), 130-151.
Marketer. (2016). 2 Billion Consumers Worldwide to Get Smart(phones) by 2016.dari https://www.emarketer.com/Article/2 BillionConsumers-Worldwide-Smartphones-by-2016/1011694.
Purwaningtyas, F. D., Septiana, Y., Aprilia, H., & Candra, G. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 1-9.
Aurelia, G. M., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Dampak Keterampilan Sosial Emosional Rendah terhadap Komunikasi Anak Usia 5 Tahun: Studi Kasus. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 546-557.
Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86-91.
Mahendra, J. P. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 1-6.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182-186.
Maulida, H. O. (2013). Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Afdalia, A. P., & Gani, I. (2023). Dampak pengaruh gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 10(1), 87-96.
Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58-66.
Syifa, L., Setianingsih, ES, & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar , 3 (4), 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310
Pransiska, Toni. 2015. Kado Istimewa Untuk Anakku, Solusi Dan Tips Praktis Membentengi Anak Dari Sang Predator. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Berk, Laura E. 2007. Development Through the Lifespan. America: Pearson Education.
Yuni Sulistiawati, Supratman, V. A., & Nugroho, T. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Kabupaten Pesawaran Lampung. Wellness and Healthy Magazine, 2(February), 187–192. Retrieved from https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh
Yumarni, V. (2022). Pengaruh gadget terhadap anak usia dini. Jurnal Literasiologi . Jilid 8, (2). https://media.neliti.com/media/publica tions/556623-pengaruh-gadget-terhadap-anak-usia-dini-a99897cc.pdf.
Rahayu, NS, Elan, Mulyadi, S. (2021). Analisis penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia , Vol.5 No.2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Luna Aprilia, Miya Intan Sundari, Puspita Rahmawati, Mahilda Dea Komalasari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.