Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kampung Bandar Sungai Melalui Program Digital Marketing Umkm
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i1.24Keywords:
UMKM, Digital Marketing, Media Sosial, Strategi PemasaranAbstract
Di era digital saat ini, kemudahan masyarakat untuk membuka usaha dan lapangan kerja yang baru sangat mudah dilakukan. Potensi tersebut bisa dimaksimalkan apabila pengetahuan dan pembekalan bagi para UMKM untuk membangun usahanya dari awal sehingga berhasil di kemudian waktu. Selain itu, sebagai pelaku bisnis pada usaha yang dijalankan, seorang wirausahawan/i yang menjalankan usaha di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu memiliki strategi pemasaran yang baik. Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mulai berwirausaha dan membangun usahanya menjadi lebih berkembang lebih baik, perlunya memberikan pengetahuan serta pemahaman mengenai strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital, kuhususnya di masa pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu, webinar yang bertema “Strategi Membangun UMKM Kreatif dan Inovatif di Era Digital” menjadi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat dilakukan. Webinar ini merupakan salah satu wadah dalam membangun kesadaran para pelaku bisnis UMKM mengenai strategi-strategi yang dapat dilakukan untuk dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan media sosial dan digital marketing dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya.
Downloads
References
Akim, Konety, N., Purnama, C., & Adilla, M. H. (2018). Pemahaman Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31–49.
Alford, P., & P., S. J., 2015, Marketing Technology for Adoption by Small Business, The Service Industries Journal, vol 35, vol 11–12.
BPS 2022. (2020). Catalog : 1101001. Statistik Indonesia 2020, 1101001, 790. https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statisti k-indonesia-2020.html
Chant, M. C., & Wiid, J. A., 2016, The Use of Traditional Marketing Toolsby SMEs in an Emerging Economy: a South African Perspective, Problems and Perspective Management Journal, no 1, vol 12.
Delloitte Access Economics. 2015. UKM Pemicu Kemajuan Indonesia Instrumen Pertumbuhan Nusantara.
Ferrell, O., Hirt, G., & Ferrell, L. (2015). Digital marketing and Social Networkin. In Business - A Changing World. New York: Mc. Graw-Hill.
Indonesia, A. P. J. I. (2023). Survei Penetrasi dan Perilaku Internet. In APJII.
Kementerian Keuangan RI (2023) Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomian-indonesia.html
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1(1): 1 – 17.
Rambe, R., Ramadhani, G., & Akmala, T. F. (2023). Peran Umkm Dalam Meningkatkan Perekonomian Dan Kesejahteraan Masyarakat. MUSYTARI: Neraca Manajemen, Ekonomi, 3(3), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.8734/musytari.v3i3.1690
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–309.
Suwarni, E., Sedyastuti, K., & Mirza, A. H., 2019, Peluang dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro Pada Era Ekonomi Digital, Jurnal Ikraith Ekonomika, no 2, vol 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ghalby Firansyah, Ria Yolanda Br Sinaga, Raja Silfiah Irwan, Nurul Jihan Islami, Nurma Syakira, Nita Natalia Lumban Gaol, Liza Sabilla Putri, Kanaya Shalsabilla, M. Muflih Imam Ardian, R. Ahmad Baihaqi, Naufal Dzaki Disnie, Wan Laela Syafitri (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.