Hubungan Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Kesehatan di Universitas Murni Teguh Medan

Authors

  • Yarliati Gulo Universitas Murni Teguh, Sumatera Utara, Indonesia Author
  • Afnijar Wahyu Universitas Murni Teguh, Sumatera Utara, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.369

Keywords:

Media Sosial, Prestasi Belajar, Mahasiswa UMT, Uji Chi Square

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil dari pencapaian setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau dapat dikatakan hasil dari proses belajar yang berbentuk nilai atau tulisan yang dapat diukur. Prestasi belajar yang diraih setiap individu berbeda setiap semester nya yang menunjukkan adanya perubahan setelah mengikuti proses pembelajaran. Prestasi belajar yang bernilai tinggi sangat berpengaruh karena merupakan hasil dari belajar, dengan memiliki nilai yang bagus dapat memudahkan para mahasiswa dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar pada mahasiswa kesehatan di universitas murni teguh medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan peneliti dalam menentukan respondennya adalah teknik  cluster random sampling. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji chi square. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar pada mahasiswa di Universitas Murni Teguh n dengan nilai p = 0,000 atau  p = < 0,005. Dan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar pada mahasiswa kesehatan di Universitas Murni Teguh Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Palembang : Bening Media.

Abdullah, K & dkk. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitif. Aceh : Muhammad Zaini.

Abdullah. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Anggreini, D. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Mojokerto : STIKes Majapahit Mojokerto.

Asmal, M., & Taufik, A. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi akademik mahasiswa. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 159-166.

Budiati, Y. M., & Muhadi, F. X. (2022). Pengaruh Dukungan Orangtua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Di Sma Negeri 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan, 15(2), 27-36.

Fahrurrozi, F. (2017). Perbandingan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Mahasiswa Program Bidikmisi Dengan Mahasiswa Non Bidikmisi Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Tahun Akademik 2017/2018 (Doctoral Dissertation, UIN Mataram).

Fitrianingtyas, I., Suryandari, K.C., & Tatminingsih, S. Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Di Gugus Nusa Kecamatan Karanganyar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 409-421.

Firdayanti, Y. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak Jalanan.

Gerungan, N., & Tatuhe, N. K. (2023). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Nutrix Journal, 7(1), 35-42.

Hartati, S., & Anugrahwati, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Belajar Mahasiswa Tingkat III Di Akademi Keperawatan Manggala Husada Jakarta : Prestasi Belajar, Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik, 2(1), 28-40.

Husna, P. N., & Jumino, J. (2022). Pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Angkatan 2018 terhadap Kemampuan Literasi Informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(4), 465-478.

Jamaluddin, N., Daud, Muh., & Indahari, N. A. (2022).Student Engagement Dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa. 1(4), 2807-789.

Karim, N. I. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas IV Sekolag Dasar Inpres Sandikka Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.

Laili, U. F., Umatin, C., & Ridwanulloh, M. U. (2023). Analisis Potensial Drop Out Mahasiswa Dengan K-Means Clustering Dalam Upaya Peningkatan Kualitas IAIN Kediri. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 145-153.

Nasiruddin, F. A. Z., & Rapa, L. G. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1 (3), 188-193.

Mendoza, M. D., Hutajulu, O. Y., Lubis, A. R., Rahmadani, R., & Putri, T. T. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dalam Pendidikan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2).

Oktaviani, D. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa IAIN Metro (Doctoral Dissertation, IAIN Metro).

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing Reseacrh : Principles and Methods.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research: Principles and Methods.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2017). Nursing Research : Generating and Assessing Evidence for Nursing Pratice (K. Burland (ed.); 10th ed.). J. B. Lippincott Company.

Priadana & Sunarsi. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang : Pascal Books.

Priantoro, H. (2017). Hubungan beban kerja dan lingkungan kerja dengan kejadian burnout perawat dalam menangani pasien BPJS. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 16(03), 9-16.

Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646-10653.

Rosalinda , L., Oktarina, R., Rahmiati, R., & Saputra, I. (2023). Buku Ajar Statistika.

Rosela, O. (2020). Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PAI IAIN Bengkulu (Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu).

Saputra, A. (2019). Survei Pengguna Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses And Gratifications. Baca : Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 207-216.

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 88-95.

Susilawati, dkk. (2017). Teori Dan Konsep Dasar Statistika Dan Lanjut. Universitas Udayana

Yuhandra, E., Akhmaddhian, S., Fathanudien, A., & Tendiyanto, T. (2021). Penyuluhan hukum tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget dan media sosial. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(01), 78-84.

Wahyudi, Lestari Eko, et al. "Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia." Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies 1.1 (2022): 18-22

Downloads

Published

29-05-2025

How to Cite

Hubungan Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Kesehatan di Universitas Murni Teguh Medan. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(5), 653-664. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i5.369

Similar Articles

21-30 of 124

You may also start an advanced similarity search for this article.