Inovasi Penataan Ruang Kelas untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Agus Susanto Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia Author
  • ⁠Tiara Khaerani Hasibuan Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Tutus Sandrika Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Aliyah Salsabila Putri Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Shakilla Zerlindah Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Sifa Aminatu Jahro Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.383

Keywords:

Inovasi Ruang Kelas, Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Aktif, Penataan Ruang Fleksibel

Abstract

Inovasi penataan ruang kelas menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Artikel ini mengkaji berbagai inovasi penataan ruang kelas, mulai dari fleksibilitas furniture, desain ergonomis, zona pembelajaran, hingga integrasi teknologi, serta pengaruhnya terhadap keterlibatan siswa secara kognitif, afektif, dan perilaku. Selain itu, artikel ini juga membahas faktor pendukung dan penghambat implementasi inovasi serta perbandingan dengan ruang kelas konvensional. Hasil kajian menunjukkan bahwa inovasi ruang kelas mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan interaktif, yang berdampak positif pada motivasi dan partisipasi siswa. Implikasi praktis dari artikel ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dan pengelola sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Kansa, Bunga Bhagasasih, and Silvia Agustini. “Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5 (2023). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.03.032.

Kamilah, Nurul, and Yayang Furi Furnamasari. “Peran Manajemen Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Beajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI) 2, no. 3 (2023). https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.950.

Purnomo, Budi, and Febliana Aulia. “Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 3, no. 1 (June 29, 2018). https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6765.

Sukirman, Sukirman, and Tri Ratna Dewi. “Keterampilan Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif.” JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 3, no. 2 (July 31, 2021). https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.1031.

Wardana, Ludfi Arya, and Afib Rulyansah. “Pengembangan Model Ruang Kelas Berbasis Tematik di Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 28, no. 2 (November 30, 2019). https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p125.

Marpaung, J., & Cendana, W. (2020). KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU UNTUK MEMBANGUN MINAT KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1245-1252. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.241

Zakiyatun Nafisah, Mustakimah, & Aang Kunaepi. (2025). Urgensi Strategi Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 17-26. https://doi.org/10.58230/27454312.1873

Endang Tyasmaning. “Implementasi Inovasi Pengelolaan Kelas Dalam Mengembangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (December 30, 2021): 154–164. Accessed June 1, 2025. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/426.

Tyasmaning, E. (2022). Pendampingan Inovasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sunan Kalijogo Jabung. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 63–79. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v2i2.396

Paryoko, V. G. P. J. (2019). Efektifitas Metode Eksplorasi Konsep dalam Studio Perancangan Arsitektur Tematik Bagi Mahasiswa Studi Kasus : Universitas Merdeka Surabaya. Jurnal Arsitektura, 17(2), 249–260. https://doi.org/10.20961/arst.v1

Habibatulloh, K. N., Widodo, S., & Murni, T. (2022). Studi Tentang Akuntabilitas, Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Dan Kualitas Layanan Pendidikan Di SMA Negeri Kabupaten Kaur Yang Terakreditasi A, B, Dan C. The Manager Review, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.25835

Putri, N. A., Wolor, C. W., & Marsofyati, M. (2023). Analisis Perencanaan Kebutuhan Sarana Dan Prasarana Pada Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i4.1165

Ridwanulloh, M. U., Rohmah, I. A., & Sholikhah, N. Q. (2023). Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Banjaran 4 Kota Kediri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30762/joiem.v4i2.1062

Zohriah, A. (2015). ANALISIS STANDAR SARANA DAN PRASARANA. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.2003

Downloads

Published

02-06-2025

How to Cite

Inovasi Penataan Ruang Kelas untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 39-53. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.383

Similar Articles

21-30 of 91

You may also start an advanced similarity search for this article.