EFEKTIVITAS MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.433Keywords:
Think Talk Write, gambar seri, keterampilan menulis, teks cerita fantasi, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test and post-test. Data dikumpulkan melalui tes menulis dan dianalisis secara deskriptif serta inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa setelah penerapan model TTW, dengan rata-rata nilai meningkat dari 58,4 menjadi 78,6. Peningkatan tertinggi terjadi pada aspek kreativitas. Uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan (p < 0,05), dan ukuran efek (Cohen's d = 2,1) menunjukkan pengaruh yang sangat besar. Korelasi positif juga ditemukan antara partisipasi dalam diskusi dan hasil menulis, serta antara pemahaman gambar seri dan kreativitas. Model regresi menunjukkan bahwa tahap “Think” memberikan kontribusi terbesar terhadap peningkatan keterampilan menulis. Dengan N-Gain sebesar 0,49 (kategori sedang), pembelajaran ini dinilai cukup efektif secara praktis. Temuan ini mengimplikasikan bahwa model TTW berbantuan gambar seri dapat menjadi strategi pembelajaran yang inovatif dan bermakna dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Downloads
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2003). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.
Handayani, R. (2019). Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model TTW pada siswa kelas V SDN 2 Cibadak. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 12–21.
Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford University Press.
Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Allyn & Bacon.
Suherdi, D. (2015). Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21. Refika Aditama.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2003). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.
Handayani, R. (2019). Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model TTW pada siswa kelas V SDN 2 Cibadak. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 12–21.
Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford University Press.
Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Allyn & Bacon.
Suherdi, D. (2015). Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21. Refika Aditama.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Trisusilawati, Maman Suryaman, Esti Swatika Sari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.