KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 BUNTOK

Authors

  • Puji Astuti Universitas Negeri Yogyakarta Author
  • Maman Suryaman Universitas Negeri Yogyakarta Author
  • Esti Swatika Sari Universitas Negeri Yogyakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.422

Keywords:

penguasaan kosakata, menulis, teks prosedur, korelasi, pembelajaran terintegrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV SD Negeri 4 Buntok melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas IV tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PBL mampu meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Pada pra tindakan, siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya sebesar 36,36%, meningkat menjadi 63,63% pada siklus I, dan mencapai 90,9% pada siklus II. Peningkatan ini terlihat pada aspek struktur teks, kelengkapan langkah, penggunaan kata kerja imperatif, serta koherensi antar kalimat. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur melalui pembelajaran kontekstual dan kolaboratif. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran inovatif di sekolah dasar, khususnya pada keterampilan menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beck, I. L., McKeown, M. G., & Kucan, L. (2013). Bringing Words to Life: Robust Vocabulary Instruction (2nd ed.). New York: Guilford Press.

Nation, I. S. P. (2001). Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Depdiknas. (2008). Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Richards, J. C., & Schmidt, R. (2010). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. London: Longman.

Downloads

Published

11-06-2025

How to Cite

KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 BUNTOK. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 286-297. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.422

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 51

You may also start an advanced similarity search for this article.