KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 BUNTOK
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.422Keywords:
penguasaan kosakata, menulis, teks prosedur, korelasi, pembelajaran terintegrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV SD Negeri 4 Buntok melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas IV tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PBL mampu meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Pada pra tindakan, siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya sebesar 36,36%, meningkat menjadi 63,63% pada siklus I, dan mencapai 90,9% pada siklus II. Peningkatan ini terlihat pada aspek struktur teks, kelengkapan langkah, penggunaan kata kerja imperatif, serta koherensi antar kalimat. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur melalui pembelajaran kontekstual dan kolaboratif. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran inovatif di sekolah dasar, khususnya pada keterampilan menulis.
Downloads
References
Beck, I. L., McKeown, M. G., & Kucan, L. (2013). Bringing Words to Life: Robust Vocabulary Instruction (2nd ed.). New York: Guilford Press.
Nation, I. S. P. (2001). Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge: Cambridge University Press.
Depdiknas. (2008). Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Richards, J. C., & Schmidt, R. (2010). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. London: Longman.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puji Astuti, Maman Suryaman, Esti Swatika Sari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.