MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMPN 4 KARAU KUALA
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.421Keywords:
pembelajaran kooperatif, tipe Jigsaw, menulis puisi, penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 4 Karau Kuala melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes menulis puisi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari 66,5 pada pra-tindakan menjadi 83,2 pada siklus kedua. Persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat dari 32,1% menjadi 89,3%. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi karena siswa belajar secara aktif, kolaboratif, dan saling melengkapi pemahaman antar anggota kelompok. Disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi di kelas.
Downloads
References
Arends, R. I. (2021). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Education.
Hamalik, O. (2020). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprijono, A. (2020). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Slavin, R. E. (2020). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.
Zulkifli, M. (2023). “Model Pembelajaran Kooperatif dan Dampaknya terhadap Keterampilan Berbahasa”, Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 14(2), 100-110.
Hasanah, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(2), 145-156.
Sari, M., & Lestari, N. (2022). Efektivitas Model Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 34-42.
Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Pearson Education.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widiastuti, N. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Puisi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Kreatif, 8(3), 102-110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eva Lesiana Fransiska, Maman Suryaman, Esti Swatika Sari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.