EFEKTIVITAS METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII: STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 1 DUSUN SELATAN

Authors

  • Selvanalindayanti Universitas Negeri Yogyakarta Author
  • Maman Suryaman Universitas Negeri Yogyakarta Author
  • Esti Swatika Sari Universitas Negeri Yogyakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.423

Keywords:

Project Based Learning, keterampilan menulis, teks prosedur, tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) tipe pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 62 siswa yang dibagi ke dalam dua kelompok: 31 siswa pada kelompok eksperimen dan 31 siswa pada kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes menulis teks prosedur sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan teknik statistik meliputi uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), paired sample t-test, independent sample t-test, uji effect size (Cohen’s d), dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan skor rata-rata dari 61,45 menjadi 80,32, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 60,87 menjadi 70,19. Uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (t(60) = 5,43, p < 0,001). Nilai Cohen’s d sebesar 1,12 menunjukkan efek yang besar. Peningkatan persentase pada kelompok eksperimen mencapai 30,7%, jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (15,3%). Dapat disimpulkan bahwa metode Project Based Learning efektif secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur, baik secara statistik maupun praktis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mergendoller, J. R., Markham, T., Ravitz, J., & Larmer, J. (2006). Project-Based Learning Handbook: A Guide to Standards-Focused Project-Based Learning for Middle and High School Teachers. Buck Institute for Education.

Suhartono. (2018). Penerapan Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 112–122.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Downloads

Published

11-06-2025

How to Cite

EFEKTIVITAS METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII: STUDI EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 1 DUSUN SELATAN. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 298-309. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.423

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 128

You may also start an advanced similarity search for this article.