Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Metode Kooperatif Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 5 Dusun Selatan

Authors

  • Ermianto Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Maman Suryaman Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Esti Swatika Sari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.426

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Cooperative Learning, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi melalui metode Cooperative Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap 5 Dusun Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes menulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 61,2 pada pra-tindakan menjadi 70,6 pada siklus I dan 79,4 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari 28,5% menjadi 92,8%. Penerapan metode Cooperative Learning menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan kolaboratif, mendorong siswa untuk berdiskusi, bertukar ide, dan meningkatkan kualitas tulisan mereka. Dengan demikian, metode Cooperative Learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pratiwi, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2), 143–153.

Sari, D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Keterampilan Menulis Siswa SMP. Jurnal Edukasi Bahasa, 7(1), 34–41.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Zuchdi, D. (2008). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

11-06-2025

How to Cite

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Metode Kooperatif Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 5 Dusun Selatan. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 260-264. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.426

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 71

You may also start an advanced similarity search for this article.