Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Metode Kooperatif Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap 5 Dusun Selatan
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.426Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Cooperative Learning, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi melalui metode Cooperative Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap 5 Dusun Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes menulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 61,2 pada pra-tindakan menjadi 70,6 pada siklus I dan 79,4 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari 28,5% menjadi 92,8%. Penerapan metode Cooperative Learning menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan kolaboratif, mendorong siswa untuk berdiskusi, bertukar ide, dan meningkatkan kualitas tulisan mereka. Dengan demikian, metode Cooperative Learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa.
Downloads
References
Pratiwi, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2), 143–153.
Sari, D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Keterampilan Menulis Siswa SMP. Jurnal Edukasi Bahasa, 7(1), 34–41.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Zuchdi, D. (2008). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ermianto, Maman Suryaman, Esti Swatika Sari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.