MEMAHAMI IBNU RUSYD SECARA KOMPREHENSIF: AKAL, AGAMA, DAN WARISAN FILSAFAT
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.499Keywords:
Ibnu Rusyd, Filsafat Islam, Harmonisasi Akal dan WahyuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemikiran Ibnu Rusyd secara komprehensif, terutama dalam harmonisasi antara akal dan wahyu. Ibnu Rusyd, dikenal sebagai Averroes di Barat, yaitu tokoh intelektual Muslim yang memengaruhi perkembangan pemikiran Islam dan Eropa. Ia hidup pada abad ke-12 di Andalusia dan berperan penting dalam kebangkitan intelektual Eropa melalui karyanya yang menjembatani filsafat Aristoteles dengan tradisi Islam dan Kristen. Ibnu Rusyd mengembangkan teori "kebenaran ganda" yang memungkinkan interpretasi teks agama pada tingkatan berbeda, sesuai dengan kapasitas intelektual pembacanya. Melalui karyanya seperti "Tahafut al-Tahafut" dan "Fasl al-Maqal", ia membela rasionalisme dan menegaskan bahwa akal dan wahyu tidak bertentangan. Warisan Ibnu Rusyd melampaui batas geografis dan temporal, mempengaruhi gerakan Averroisme Latin dan menjadi katalis penting bagi Renaissance Eropa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis kontribusi Ibnu Rusyd dalam sintesis antara Islam dan modernitas, serta relevansinya dalam perdebatan kontemporer tentang agama dan sains. Ia menekankan bahwa akal dan wahyu bukanlah dua entitas yang saling bertentangan, melainkan dua cara untuk mencapai kebenaran yang sama. Melalui pendekatan ini, Ibnu Rusyd membuka jalan bagi sintesis antara tradisi dan modernitas, memungkinkan masyarakat untuk memahami teks agama secara lebih mendalam tanpa mengorbankan nilai teologisnya.
Downloads
References
Anwar S, Tsauri S, Hakam KA, Asyafah A. 2017. Strategi pembelajaran dan pengajaran PAI di Universitas Pendidikan Indonesia. In: Syafe’i M, Syahidin, Abdussalam A, Fakhruddin A (eds). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Islam: Peran Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 8-9 Februari 2017.
Aziz, M. A. (2017). Filsafat Islam dan Tantangan Modernitas. Jakarta: Prenada Media.
Bergh, S. J. (1954). Averroes' Tahafut al-Tahafut (The Incoherence of the Incoherence). London: Luzac & Company.
Djmarah B, Syaiful AZ. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fakhry, M. (2014). A History of Islamic Philosophy (3rd ed.). New York: Columbia University Press.
Hadariansyah, Y. (2016). Pengaruh Ibnu Rusyd terhadap pemikiran filsafat Barat. Jurnal Studi Islam dan Filsafat, 10(2), 123–135.
Hourani, G. F. (1987). Averroes on the Harmony of Religion and Philosophy. E. J. Brill.
Hourani, G. F. (1960). Averroes on the harmony of religion and philosophy. Muslim World, 50(1), 33–45.
Leaman, O. (2002). An Introduction to Classical Islamic Philosophy. Cambridge: Cambridge University Press.
Kurnia M. 2013. Penggunaan Media Audio Visual (Film) Bersuara) terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa-Siswi SDI Khalifah pada Mata Pelajaran Sejarah Islam. [Skripsi]. Banten: UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Najjar, F. M. (1996). The Rationalists and Traditionalists in the History of Islamic Thought. Journal of Islamic Studies, 7(3), 209–228.
Nurmansyah JK. 2015. Penggunaan media animasi dalam model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu. Primary 7(2): 157-268.
Renan, E. (1940). Averroès et l’Averroïsme: Essai Historique. Paris: Calmann-Lévy.
Ridwan Hamid. (2011). Averroisme dan Renaisans: Transmisi Intelektual dari Andalusia ke Eropa. Tafsir: Jurnal Pemikiran Islam, 3(2), 78–92.
Sanjaya W. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kencana Prenadamedia Group.
Setiati PM. 2011. Pandangan Islam terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. http://www.slbn-sragen.sch.id/2011/05/30/pandangan-islam-terhadappeserta-didikberkebutuhan-khusus/. [Diakses: 8 Oktober 2018].
Setiawan, T. (2022). Akal dan Wahyu dalam Perspektif Ibnu Rusyd. Jurnal Filsafat Islam, 15(1), 55–68.
Wahyudi, K. (2023). FILSAFAT IBNU RUSYD HUBUNGAN AKAL DENGAN WAHYU. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 1(2), 109-120.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratna Primada Dewi, Amanda Sephira Nuraini, Nur Wulan Ramadhani, Ani Adistyani, Muhamad Parhan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.