Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Psikologis Anak

Authors

  • Via Aprilia Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia Author
  • Siti Halimah Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia Author
  • Aninda Rizki Rhmadhani Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia Author
  • Mahilda Dea Komalasari Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.85

Keywords:

Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Kekerasan Terhadap Anak, Dampak Psikologis, Fenomenologi, Konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dinamika psikologi anak yang mengalami kekerasan dalam keluarga dan mencari solusi untuk membantu anak dalam menghadapi situasi tersebut. Kekerasan dalam rumah tangga, yang mencakup kekerasan fisik, psikologis, dan sosial, sering kali menyebabkan dampak buruk bagi anak-anak, baik secara fisik maupun mental. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan dua subjek penelitian, yakni anak berusia 15 tahun yang mengalami kekerasan dari kedua orang tuanya dan anak berusia 11 tahun yang menerima kekerasan dari ayah tirinya. Pengumpulan data dilakukan melalui metode studi literatur dengan meninjau berbagai sumber terpercaya yang membahas fenomena kekerasan anak ,dampaknya, serta pendekatan psikologis untuk menangani kasus tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan yang dialami oleh anak-anak tersebut berdampak signifikan pada perkembangan fisik, emosional, dan sosial mereka. Kekerasan fisik mengakibatkan luka dan rasa malu, sementara kekerasan psikis menciptakan rasa tidak aman, minder, dan menurunnya harga diri anak. Kekerasan sosial, yang berupa penelantaran dan kurangnya perhatian dari orang tua, juga berdampak pada kesejahteraan anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mencegah dan mengatasi dampak kekerasan dalam rumah tangga terhadap anak, diperlukan perlindungan hukum yang tegas serta pendekatan konseling yang dapat membantu anak untuk mengatasi trauma yang mereka alami. Diharapkan, temuan ini dapat memberikan manfaat dalam bidang konseling dan meningkatkan pemahaman orang tua mengenai dampak kekerasan terhadap anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, R. (2016). Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Anak. Jupekn, 1(1),1-11.

Dewi Anggraeni, R. (N.D.). Dampak Kekerasan Anak Dalam Rumah Tangga.

Ejem, A. A., Martins, N. I., Father, J. O. A., Ukozor, N. F., & Ibekwe, C. (2022). Sex Objects and Conquered People? Representations of women in Nigerian Films in the 21st Century. QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 48–63.

Ismaya, H., & Kurniawan, I. D. (2022). Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Sebagai Upaya Memelihara Keutuhan Keluarga Yang Harmonis Dan Sejahtera (Suatu Tinjauan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga). Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6705–6713.

Komalasari, M. D., et al. (2019). Interactive Multimedia Based on Multisensory as a Model of Inclusive Education for Student with Learning Difficulties. Journal of Physics: Conference Series 1254 012057

Nasution, A. F. (2021). Analisis Hukum Perlindungan Terhadap Anak Korban Kekerasan Fisik Dalam Rumah Tangga Menurut Uu No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Jurnal Hukum Kaidah: Media Komunikasi Dan Informasi Hukum Dan Masyarakat, 20(2), 146–158

Oktavia, N., & Nurkhalizah, S. (2022). Implementation of Democratic Values in Islam to Build Student Character in the Millennial Era. Jurnal Pendidikan Amartha, 1(1), 11–13

Putra, N. A., Setiawati, S. A., Sinaga, M. A. N. A., Tan, R. L., & Naira, R. (2022). Hedonism in the Student Environment in the Era of Globalization. IJRAEL: International Journal of ReligionEducation and Law, 1(2), 93–97

Sukadari, et al. (2023). Exploring the Potential of Integrating Local Wisdom into the Development of Pocket Book Learning Media: A Systematic Literature Review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(10), 130-151, https://doi.org/10.26803/ijlter.22.10.8

Suyanto, B. (2010). Masalah Sosial Anak. Kencana.

Wahyu, S. Dan. (2001). Pengantar Studi Sosiologi Keluarga. Pustaka Setia.

Wati, U. A., et al. (2023). The Effectiveness of Collaborative-Based Learning Models to Increase Self Efficacy and Positive Attitudes of Primary Teacher Education Students towards Inclusive Education in Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 11 (2), 276-285.

Downloads

Published

19-01-2025

How to Cite

Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(1), 511-518. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i1.85

Similar Articles

21-30 of 268

You may also start an advanced similarity search for this article.