PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TK AL-AZHAR II TEBO
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i12.1366Keywords:
Metode Pembiasaan, Karakter, DisiplinAbstract
Penelitian ini menunjukkan bahwa di Taman Kanak-kanak Al-Azhar II Tebo melakukan pembentukan karakter disiplin melalui metode pembiasaan, hasil dari temuan penelitian tentang proses pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan ialah (a) guru membiasakan anak untuk datang tepat waktu; (b) guru membiasakan anak untuk mengembalikan barang ke tempat semula; (c) guru membiasakan anak untuk bersabar dan tertib dalam menunggu giliran mengambil makanan (e) guru membiasakan anak untuk membereskan mainan setelah bermain di dalalam kelas; (f) guru membiasakan anak untuk mengantri Ketika ke kamar mandi; (g) guru membiasakan anak mengantri mengambil air whudu. Pembiasaan ini di lakukan di TK Al-Azhar II Tebo tidak hannya pembiasaan melalui ucapan atau motivasi saja, namun pembiasaan perilaku juga dilakukan di TK Al-Azhar II Tebo, perilaku yang di tunjukan setelah mendapatkan pembiasaan dari guru ialah: (a) anak datang tepat waktu, akan tetapi masih ada beberapa anak yang belum bisa tepat waktu, hal ini mengacu pada jumlah anak yang tepat setiap hari mengalami naik turun; (b) anak mengembalikan barang yang telah digunakan pada tempatnya, hal ini di tunjukkan dengan kesadaran anak mengembalikan barang yang telah digunakan pada tempatnya tanpa diminta oleh guru, baik itu mainan ataupun alat tulis; (c) tertib menunggu giliran, hal ini ditunjukkan dengan kesadaran anak berbaris di belakang temannya Ketika mengambil air wudhu, mencuci tangan tanpa harus di damping oleh guru. Factor pendukung pembentukan karakter disiplin di TK Al-Azhar II Tebo yaitu adanya contoh dari pendidik, dan konsistensi yang dilakukan pendidik. Factor yang menghambat pembentukan karakter disiplin ti TK Al-Azhar II Tebo yaitu ada beberapa orang tua yang tidak peduli dengan perkembangan anaknya, dan kurangnya Kerjasama antara guru dan orang tua dan sekolah, dan kematangan anak usia anak juga mempengaruhi pembentukan karakter disiplin anak usia dini di TK Al-Azhar II Tebo.
Downloads
References
Anoraga, P. (2006). Psikologi kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asmawati. (2014). Perencanaan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aulina, C. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. Jurnal Pedagogia, 2(1).
Berutu, E. Y., dkk. (2018). Implementasi tata tertib sekolah dalam membentuk kedisiplinan siswa sekolah dasar negeri Gue Gajah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 3(2).
Budiarti, V. (2019). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sentra di TK Islam Teladan Al Fattah Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas (Skripsi). IAIN Purwokerto.
Chasanah, N. (2017). Upaya mengatasi keterlambatan siswa masuk kelas melalui layanan penguasaan konten dengan teknik manajemen waktu. Jurnal Pedagogia, 4(2).
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2012). Pedoman pendidikan karakter pada anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Dwi, A., Septiani, V., Syafia, N., Widitya, D., & Penulis Korespondensi. (2025). Perubahan sosial budaya dan dampaknya terhadap identitas masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(1), 280–289. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3292
Fatmawati, & Latif. (2019). Implementasi model pembelajaran sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 25–34.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2528
Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitriana, E. (2018). Model pembelajaran sentra di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Qurrota A’yun Bandar Lampung (Skripsi). Universitas Lampung.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hafiza. (2019). Penerapan model pembelajaran sentra (Beyond Centers and Circle Time) dalam mengoptimalkan aspek kognitif pada kelompok B RA Syuhabuddin Malang (Skripsi). UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16712
Ismawati, & Farihah. (2018). Penerapan pembelajaran sentra bahan alam/sains terhadap perkembangan kreativitas anak kelompok B di RA Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 91–112. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/24/24
Jihad, A., dkk. (2010). Pendidikan karakter: Teori dan aplikasinya. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kasali, R. (2019). Sentra: Membangun kecerdasan dan kemampuan anak sejak usia dini demi masa depan yang cemerlang.
Khobir. (2009). Upaya mendidik anak melalui permainan edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2).
Latif, M. A., Munastiwi, E., Puspita, D., Adinda, D., & Amanah, P. (2020). Analisis total quality management (TQM) pada pendirian TK Islam Mutiara Plus Banguntapan. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 301–312. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.5783
Latif. (2020). Experiential learning sebagai stimulus perkembangan kognitif dan sosial emosional anak di Taman Anak Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta (Tesis). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lickona, T. (2015). Pendidikan karakter anak usia dini: Strategi membangun karakter di usia emas (A. Wibowo, Penerj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Montessori, M. (2008). The absorbent mind (Pikiran yang mudah menyerap). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasional, K. P. (2004). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Nugroho, H. A., & Suparno, S. (2019). Implementing beyond centers and circle time for linguistic intelligence of children with hearing impairment at an early age. Proceedings, 285–288. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.51
Nuraeni, N. (2014). Strategi pembelajaran anak usia dini. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069
Oktaviani, N. (2020). Identifikasi pengetahuan konsep sains anak usia 5–6 tahun di sentra bahan alam TK Islam Al-Falah 2 Kota Jambi (Skripsi). Universitas Jambi.
Pratiwi, A. P., Rivai, R. K., & Nopiana. (2017). Pengaruh model pembelajaran sentra bahan alam terhadap kemampuan sains dan berbicara anak kelompok B di taman kanak-kanak. JPUD: Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 181–200. https://doi.org/10.21009/jpud.111.12
Rahayu, A. F., Syaodih, E., & Romadona, N. F. (2019). Meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak melalui pendekatan experiential learning. Edukid, 16(1), 11–23. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20725
Rosdiana, A. (2006). Partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 62–72.
Rusman. (2013). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Susanti, R. D. (2012). Esai-esai pendidikan Islam: Pengembangan interaksi dengan lingkungan dan potensi anak. Yogyakarta: Idea Press.
Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran sentra BAC (bahan alam cair) untuk mengembangkan kreativitas anak. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161–176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04
Watini, S. (2019). Implementasi model pembelajaran sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Widyahening, E. T., & Wardhani, N. E. (2016). Literary works and character education. International Journal of Language and Literature, 4(1). https://doi.org/10.15640/ijll.v4n1a2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juli Widiyawati, Nur Aina (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










