Pengembangan dan Pemanfaatan Media Cetak: Modul, Handout, dan LKS Non Cetak: Program Video dan Bahan Ajar Berbantuan Komputer Dalam Pembelajaran PAI

Authors

  • Muh. Zakki Amir F. R Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, Indonesia Author
  • Ayu Nazirah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.390

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Cetak, Media Non-Cetak, Bahan Ajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan telah mendorong lahirnya berbagai bentuk media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar mengajar, khususnya dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI). Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan serta pemanfaatan media cetak seperti modul, handout, dan lembar kerja siswa (LKS), serta media non-cetak seperti program video dan bahan ajar berbasis komputer. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka sebagai dasar analisis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan efektivitas, partisipasi aktif, serta pemahaman peserta didik terhadap materi ajar. Media cetak memberi struktur dan kestabilan pembelajaran, sementara media non-cetak memperkaya pengalaman belajar melalui visualisasi dan interaktivitas. Kombinasi keduanya mampu menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memiliki keterampilan dalam mengembangkan dan memilih media yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran. Artikel ini merekomendasikan penguatan kompetensi guru dalam penggunaan media serta integrasi teknologi dalam pengembangan bahan ajar PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Journal Article

Arifah Rozalia, karisna, irwandi A. (2018). PENGEMBANGAN HANDOUT BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SMA KELAS X. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajran Biologi, 2(2), 6. http://doi.org/10.33369diklabio.2.2.44-51

Benny A. pribadi. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran (1st ed.). Kencana.

Efriyanti, L., Khomarudin, A. N., & Novita, R. (2021). Pengembangan multimedia berbasis mobile learning dalam pembelajaran model simulasi pada keilmuan komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42635

kosasih. (2021). Pengenbangan Bahan Ajar (Bunga Sari Fatmawati (ed.)). Sinat Grafika Offset.

Laila Silmi Kaffah, Deni Setiawan, E. W. (2023). Pemanfaatan Media Cetak Poster Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16). https://doi.org/10.5281/zenodo.8246435

Muhammad fajar Marsuki Muitmainah. (2023). Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran (Wahyukuniawadi (ed.); 1st ed.). Wawasan Ilmu.

Nur Mazidah Nafala. (2022). Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 114–130. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.571

Nurdianzah, E. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Jawa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang, 8(1), 1–22. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/PROGRESS/article/view/3440

Nurhaida. (2018). Pengunaan Media Bahan Ajar Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Pertama. Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2), 608. http://ejournal.uin-suska.ac.id

Rohmaniah, A., Ruswan, R., & Ihda, B. (2020). Pengembangan Handout Sistem Ekskresi Dengan Integrasi Nilai Islam Pada Siswa Kelas Xi Semester Ii Ma Nudia Semarang. BIOEDUCA : Journal of Biology Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4780

Supriadi. (2024). Mengajar di era tiktok strategi media pembelajaran untuk Gen z. Cipta Media.

Yuliati, Y., Munajat, A., & Info, A. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Melalui Media Video Pembelajaran. Indonesian Journal of Instructional Technology, 3(2), 26–35. http://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit

Book Chapter

Supriadi. (2024). Mengajar di era tiktok strategi media pembelajaran untuk Gen z. Surabaya: Cipta Media.

Muhammad fajar Marsuki Muitmainah. (2023). Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran (1st ed.; Wahyukuniawadi, ed.). Wawasan Ilmu.

kosasih. (2021). Pengenbangan Bahan Ajar (Bunga Sari Fatmawati, ed.). Jakarta Timur: Sinat Grafika Offset.

Downloads

Published

04-06-2025

How to Cite

Pengembangan dan Pemanfaatan Media Cetak: Modul, Handout, dan LKS Non Cetak: Program Video dan Bahan Ajar Berbantuan Komputer Dalam Pembelajaran PAI. (2025). Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 72-83. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.390

Similar Articles

21-30 of 186

You may also start an advanced similarity search for this article.