Inovasi Penataan Ruang Kelas untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.383Keywords:
Inovasi Ruang Kelas, Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Aktif, Penataan Ruang FleksibelAbstract
Inovasi penataan ruang kelas menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Artikel ini mengkaji berbagai inovasi penataan ruang kelas, mulai dari fleksibilitas furniture, desain ergonomis, zona pembelajaran, hingga integrasi teknologi, serta pengaruhnya terhadap keterlibatan siswa secara kognitif, afektif, dan perilaku. Selain itu, artikel ini juga membahas faktor pendukung dan penghambat implementasi inovasi serta perbandingan dengan ruang kelas konvensional. Hasil kajian menunjukkan bahwa inovasi ruang kelas mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan interaktif, yang berdampak positif pada motivasi dan partisipasi siswa. Implikasi praktis dari artikel ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dan pengelola sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Downloads
References
Al-Kansa, Bunga Bhagasasih, and Silvia Agustini. “Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5 (2023). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.03.032.
Kamilah, Nurul, and Yayang Furi Furnamasari. “Peran Manajemen Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Beajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI) 2, no. 3 (2023). https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.950.
Purnomo, Budi, and Febliana Aulia. “Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 3, no. 1 (June 29, 2018). https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6765.
Sukirman, Sukirman, and Tri Ratna Dewi. “Keterampilan Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif.” JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 3, no. 2 (July 31, 2021). https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.1031.
Wardana, Ludfi Arya, and Afib Rulyansah. “Pengembangan Model Ruang Kelas Berbasis Tematik di Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 28, no. 2 (November 30, 2019). https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p125.
Marpaung, J., & Cendana, W. (2020). KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU UNTUK MEMBANGUN MINAT KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1245-1252. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.241
Zakiyatun Nafisah, Mustakimah, & Aang Kunaepi. (2025). Urgensi Strategi Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 17-26. https://doi.org/10.58230/27454312.1873
Endang Tyasmaning. “Implementasi Inovasi Pengelolaan Kelas Dalam Mengembangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Sunan Kalijogo Jabung Malang”. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (December 30, 2021): 154–164. Accessed June 1, 2025. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/426.
Tyasmaning, E. (2022). Pendampingan Inovasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sunan Kalijogo Jabung. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 63–79. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v2i2.396
Paryoko, V. G. P. J. (2019). Efektifitas Metode Eksplorasi Konsep dalam Studio Perancangan Arsitektur Tematik Bagi Mahasiswa Studi Kasus : Universitas Merdeka Surabaya. Jurnal Arsitektura, 17(2), 249–260. https://doi.org/10.20961/arst.v1
Habibatulloh, K. N., Widodo, S., & Murni, T. (2022). Studi Tentang Akuntabilitas, Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Dan Kualitas Layanan Pendidikan Di SMA Negeri Kabupaten Kaur Yang Terakreditasi A, B, Dan C. The Manager Review, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.25835
Putri, N. A., Wolor, C. W., & Marsofyati, M. (2023). Analisis Perencanaan Kebutuhan Sarana Dan Prasarana Pada Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i4.1165
Ridwanulloh, M. U., Rohmah, I. A., & Sholikhah, N. Q. (2023). Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Banjaran 4 Kota Kediri. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30762/joiem.v4i2.1062
Zohriah, A. (2015). ANALISIS STANDAR SARANA DAN PRASARANA. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.2003
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agus Susanto, Tiara Khaerani Hasibuan, Tutus Sandrika, Aliyah Salsabila Putri, Shakilla Zerlindah Maulana, Sifa Aminatu Jahro (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.