Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII SMPN 1 Dusun Utara

Authors

  • Rudiantara Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Maman Suryaman Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Esti Swatika Sari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.425

Keywords:

Keterampilan Bercerita, Media Gambar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VII SMPN 1 Dusun Utara melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas VII. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan penilaian keterampilan bercerita berdasarkan empat aspek, yaitu: struktur cerita, penggunaan bahasa, kelancaran bercerita, serta ekspresi dan intonasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada seluruh aspek keterampilan bercerita. Rata-rata nilai pra tindakan sebesar 56,25 meningkat menjadi 68,75 pada siklus I dan mencapai 80,00 pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media gambar efektif dalam merangsang daya imajinasi, membantu siswa menyusun alur cerita yang runtut, serta meningkatkan keberanian dan ekspresi saat bercerita. Media gambar juga mendorong keterlibatan aktif siswa dan menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan. Dengan demikian, media gambar dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, khususnya dalam konteks bercerita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendikbud. (2020). Asesmen Nasional: Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyatno. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendikbud. (2020). Laporan Hasil AKM Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kress, G., & van Leeuwen, T. (2001). Multimodal Discourse: The Modes and Media of Contemporary Communication. London: Arnold.

Suyatno. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Downloads

Published

11-06-2025

How to Cite

Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII SMPN 1 Dusun Utara. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 251-259. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.425

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 294

You may also start an advanced similarity search for this article.