Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII SMPN 1 Dusun Utara
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.425Keywords:
Keterampilan Bercerita, Media Gambar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VII SMPN 1 Dusun Utara melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas VII. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan penilaian keterampilan bercerita berdasarkan empat aspek, yaitu: struktur cerita, penggunaan bahasa, kelancaran bercerita, serta ekspresi dan intonasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada seluruh aspek keterampilan bercerita. Rata-rata nilai pra tindakan sebesar 56,25 meningkat menjadi 68,75 pada siklus I dan mencapai 80,00 pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa media gambar efektif dalam merangsang daya imajinasi, membantu siswa menyusun alur cerita yang runtut, serta meningkatkan keberanian dan ekspresi saat bercerita. Media gambar juga mendorong keterlibatan aktif siswa dan menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan. Dengan demikian, media gambar dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, khususnya dalam konteks bercerita.
Downloads
References
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemendikbud. (2020). Asesmen Nasional: Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum Bahasa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suyatno. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemendikbud. (2020). Laporan Hasil AKM Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kress, G., & van Leeuwen, T. (2001). Multimodal Discourse: The Modes and Media of Contemporary Communication. London: Arnold.
Suyatno. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rudiantara, Maman Suryaman, Esti Swatika Sari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.