ANALISIS TANTANGAN DAN SOLUSI SUPERVISI KLINIS TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KONSEP THE FOUR KEY ROLES OF HR
DOI:
https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.567Keywords:
Supervisi Klinis, Kinerja Guru, The Four Key Roles of HR, Pendidikan Agama Islam, Pengembangan ProfesionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan solusi dalam implementasi supervisi klinis terhadap kinerja guru dengan menggunakan konsep The Four Key Roles of HR yang dikembangkan oleh Dave Ulrich. Supervisi klinis merupakan strategi yang penting untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru dengan pendekatan kolaboratif. Namun, implementasi supervisi klinis sering menghadapi hambatan, seperti keterbatasan waktu, beban kerja yang tinggi, serta kurangnya dukungan manajerial dan kepercayaan antara supervisor dan guru. Melalui penerapan konsep The Four Key Roles of HR, yaitu sebagai Strategic Partner, Change Agent, Administrative Expert, dan Employee Champion, hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan pendekatan yang lebih efektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi klinis yang lebih terstruktur dan berbasis data.
Downloads
References
Akmal Hawi. (2013). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. PT.RajaGrafindo Persada.
Carl D. Glickman, Stephen P. Gordon, & Jovita M. Ross-Gordon. (2013). Supervision and instructional leadership: A developmental approach. Pearson Education.
Dave Ulrich. (1997). Human Resource Champions: The Next Agenda for Adding Value and Delivering Results. Harvard Business Press.
Dian Suci Oktafiami & Miftahir Rizqa. (2024). Peran Guru Sebagai Administrator di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 132–141. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.783
Firdiansyah, T. A. (2021). Komunikasi Efektif dalam Pelaksanaan Supervisi Klinis oleh Kepala Madrasah. Arfannur, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.428
Handayani, R., Ahyani, N., & Nurlina, N. (2024). Pengaruh Supervisi Klinis dan Pengawasan Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 219–232. https://doi.org/10.34125/jmp.v9i2.305
Jamal Ma’mur Asmani. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah (Cet. I). DIVA Press.
Kiya, L. T. A. & Akhmad Rifai. (2022). Komunikasi Efektif Supervisor dalam Penyelenggaraan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Mts. Nurul Fata. SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 65–84. https://doi.org/10.37842/sinau.v8i1.81
Malayu S.P. Hasibuan. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2002). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi (Cet. 1). Remaja Rosdakarya.
Nurfuadi. (2021). Kompetensi Profesional guru Pendidikan agama Islam Dalam manajemen mutu pembelajaran. Lutfi Gilang.
Rothwell, C., Kehoe, A., Farook, S. F., & Illing, J. (2021a). Enablers and barriers to effective clinical supervision in the workplace: A rapid evidence review. BMJ Open, 11(9), e052929. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2021-052929
Rothwell, C., Kehoe, A., Farook, S. F., & Illing, J. (2021b). Enablers and barriers to effective clinical supervision in the workplace: A rapid evidence review. BMJ Open, 11(9), e052929. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2021-052929
Siemze Joen, Purnamawati, & Amiruddin. (2022). Kinerja Guru: Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Magama.
Syahid Nur Arifin, Mustafa Zahir, Taufik Nur Azis, & Farid, A. (2023). Implementasi Program Pembinaan Kompetensi Profesional Guru di Smk Darunnajah Cipining. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan dan Agama, 1(3), 42–48. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i3.243
Yuni Aprilianti. (2024). Buku Ajar Supervisi Pendidikan. Bening media Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdi Yusuf Radinata, Wahdatul Ramadani, Dina Hermina (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.