GAMBARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN METODE BERMAIN PERAN (ROLL PLAY) PADA SISWA SMP KELAS VIII SMP NEGERI  SATU ATAP 3  DUSUN HILIR

Authors

  • Pier Angely Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Maman Suryaman Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Esti Swatika Sari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.444

Keywords:

Kemampuan Berbicara, Metode Bermain Peran, Siswa SMP

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang merasa kesulitan dalam berbicara dengan lancar dan percaya diri di SMP Negeri Satu Atap 3 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan, Dimana yang kita ketahui keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dan berperan dalam berbagai aspek kehidupan, terutama di bidang pendidikan. Namun siswa terkadang kurang memahami pentingnya memiliki public speaking yang baik dan bagaimana cara menumbuhkan rasa kepercayaan diri saat berbicara didepan umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan berbicara siswa SMP melalui metode bermain peran (Role Playing) di SMP Negeri Satu Atap 3 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan. Sampel yang diambil sebanyak 12 siswa, dengan total sampling yaitu seluruh anggota populasi kelas VIII dijadikan sampel penelitian. Bermain peran (role play) dilakukan sebanyak dua kali pada sampel. Didapatkan hasil rata-rata skor kemampuan berbicara siswa sebelum diterapkan metode role play adalah 65 dengan standar deviasi 4,08. Setelah diterapkan metode role play, rata-rata skor meningkat menjadi 75 dengan standar deviasi 4,76. Dengan demikian didapatkan Kesimpulan adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah perlakuan bermain peran (role play).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asefa, D. T., & Enashe, M. B. (2024). Teachers’ Role in Enhancing the Students’ Speaking Skills. Language and Text, 11(1), 131–142. https://doi.org/10.17759/langt.2024110112

Fariha, N., Anwar, K., & Maruf, N. (2023). EXPLORING THE CORRELATION OF SOCIOLINGUISTIC COMPETENCE AND SPEAKING PROFICIENCY, AND HOW LEARNERS PERCEIVED THEM. English Review: Journal of English Education, 11(3), 1001–1012. https://doi.org/10.25134/erjee.v11i3.9083

Fu, X., & Li, Q. (2025). Effectiveness of Role-play Method: A Meta-analysis. International Journal of Instruction, 18(1), 309–324. https://doi.org/10.29333/iji.2025.18117a

Henisah, R., Yulita Putri, R., & Sharmin Khan, H. (2023). Role Play Technique to Improve Students’ Speaking Skills. INTERNATIONAL JOURNAL OF CONTEMPORARY STUDIES IN EDUCATION, 176–182. https://doi.org/10.56855/ijcse

Krebt, D. M. (2017). The effectiveness of role play techniques in teaching speaking for efl college students. Journal of Language Teaching and Research, 8(5), 863–870. https://doi.org/10.17507/jltr.0805.04

Lady, E., Sayow, M., & Marsevani, M. (2024). Improving high school students’ speaking skill through role play strategy: A classroom action research. English Learning Innovation (Englie), 132(1). https://doi.org/10.22219/englie

Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1207

Liew, H. S., & Abdul Aziz, A. (2022). Systematic Review on Speaking Skill Teaching Approaches in the ESL / EFL Classroom: Before and During Covid 19. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(1). https://doi.org/10.6007/ijarped/v11-i1/11677

Lusiana, L., Aprillia, T., Cardoso, B. L. D. C., Karela, G. N., Solichah, M., Weking, G. D., Kwaitota, B. R., Fadhilah, S. A., Berliansyah, D., & Setyaningsih, R. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara untuk Membangun Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(4), 975–986. https://doi.org/10.54082/jamsi.1256

Rahmah, A. (2021). IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA KELAS VII-C SMP NEGERI 15 GRESIK DAN SOLUSINYA. Bapala: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, 8(6), 1–8.

Ruslan. (2020). STUDENTS’ PERCEPTION ON THE USE OF ROLE PLAY BY THE TEACHER IN EFL CLASSROOM. JOURNAL OF TEACHING & LEARNING ENGLISH IN MULTICULTURAL CONTEXTS (TLEMC), 4(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/tlemc/index

Saputra, D., & Akib, M. (2020). The Effect of Listening Journal on Speaking Ability. Jurnal Ilmu Kependidikan, 9(2).

Sarah Al-Azhari, S., & Azis, J. (2024). Improving Speaking Skills Through Role-Play of VII Grade Students of SMPN 2 Mamuju. Journal of Excellence in English Language Education, 3(1).

Situmorang, N. L. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Dan Faktor Penyebabnya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas X SMA Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1–9.

Syahrani, A. (2025). Keterampilan Berbicara Siswa Sebagai Faktor Penunjang Sikap Percaya. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1–11.

Zainal Muttaqin Abdin, M. (2018). ANALISA METODE DISCUSSION DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN KINERJA. Jurnal Ilmiah Kreatif, 6(3), 1–12.

Downloads

Published

14-06-2025

How to Cite

GAMBARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN METODE BERMAIN PERAN (ROLL PLAY) PADA SISWA SMP KELAS VIII SMP NEGERI  SATU ATAP 3  DUSUN HILIR. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 354-365. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.444

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

21-30 of 151

You may also start an advanced similarity search for this article.