PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN MELALUI PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS IX SMP

Authors

  • Mimil Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Maman Suryaman Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Esti Swatika Sari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.445

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Cerpen, Pendekatan Proses, Siswa SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas IX SMP melalui penerapan pendekatan proses. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes menulis cerpen, observasi aktivitas siswa dan guru, serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa, yang ditunjukkan dengan kenaikan rata-rata nilai dari 63 pada pra-tindakan menjadi 82 pada siklus II, dan ketuntasan belajar meningkat dari 30% menjadi 90%. Selain itu, terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan kualitas cerpen yang dihasilkan. Dengan demikian, pendekatan proses efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen dan dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran menulis di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyati, Y. (2020). Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Pendekatan Proses di SMP. Bandung: Alfabeta.

Tompkins, G. E. (2014). Teaching Writing: Balancing Process and Product. Pearson Education.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Direktorat Pembinaan SMP. (2017). Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. Jakarta: Kemdikbud.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat SMP. (2017). Panduan Pembelajaran Menulis Teks Naratif. Jakarta: Kemdikbud.

Emilia, E. (2011). Pendekatan Genre dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung: Rizqi Press.

Gagne, R.M., Briggs, L.J., & Wager, W.W. (1992). Principles of Instructional Design. Orlando: Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.

Graves, D. H. (1983). Writing: Teachers & Children at Work. Portsmouth, NH: Heinemann.

Harmer, J. (2004). How to Teach Writing. London: Pearson Longman.

Mulyani, S. (2021). “Penerapan Pendekatan Proses dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi di SMP.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 121–130.

Sulistyorini, R. (2020). “Pendekatan Proses untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi.” Jurnal Cakrawala Bahasa, 8(1), 45–53.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zainuddin, H. et al. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

14-06-2025

How to Cite

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN MELALUI PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS IX SMP. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 366-376. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.445

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

21-30 of 144

You may also start an advanced similarity search for this article.