PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ATAP 5 DUSUN UTARA

Authors

  • Widiapuspita Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Maman Suryaman Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Esti Swatika Sari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.467

Keywords:

membaca teks narasi, pembelajaran kooperatif, keterampilan membaca, PTK, SMP terpencil

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca teks narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Atap 5 Dusun Utara melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 8 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan membaca teks narasi siswa. Pada pra-siklus, seluruh siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Pada siklus I, dua siswa (25%) mencapai ketuntasan, sedangkan pada siklus II seluruh siswa (100%) berhasil mencapai nilai di atas KKM. Pembelajaran kooperatif terbukti meningkatkan keaktifan siswa, kemampuan memahami unsur naratif, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini merekomendasikan metode pembelajaran kooperatif sebagai alternatif strategis dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). Cooperative Learning. University of Minnesota.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Allyn & Bacon.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Inovatif. Prestasi Pustaka.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2010). Cooperation in the Classroom (8th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Terjemahan Nurulita). Bandung: Nusa Media.

Suharsimi Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutarno, N. S. (2008). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

16-06-2025

How to Cite

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ATAP 5 DUSUN UTARA. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 525-535. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.467

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

21-30 of 56

You may also start an advanced similarity search for this article.