MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI METODE PERMAINAN RANGKAIAN KATA DI SMP NEGERI 8 DUSUN SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.469Keywords:
Minat membaca, permainan rangkaian kata, literasi, siswa SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa melalui penerapan metode permainan rangkaian kata di SMP Negeri 8 Dusun Selatan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat membaca siswa yang berdampak pada pemahaman bacaan dan prestasi akademik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest satu kelompok. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan berupa angket minat membaca dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada minat membaca siswa setelah diterapkan metode permainan rangkaian kata. Hal ini dibuktikan dari skor rata-rata angket minat membaca yang meningkat dari sebelum ke sesudah perlakuan. Selain itu, siswa menunjukkan sikap lebih antusias dan partisipatif dalam kegiatan membaca. Dapat disimpulkan bahwa metode permainan rangkaian kata efektif dalam meningkatkan minat membaca siswa dan dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran berbasis literasi.
Downloads
References
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Slamet, S. Y. (2015). Pengembangan Minat Membaca Anak. Yogyakarta: Ombak.
Depdiknas. (2016). Gerakan Literasi Sekolah: Panduan Pelaksanaan di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2016). Gerakan Literasi Sekolah: Panduan Pelaksanaan di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hurlock, E. B. (2006). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Piaget, J. (1970). The Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Viking Press.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slamet, S. Y. (2015). Pengembangan Minat Membaca Anak. Yogyakarta: Ombak.
Supriyadi, T. (2019). Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menyenangkan. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Oktabiadaniaty, Maman Suryaman, Esti Swatika Sari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.