MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI METODE PERMAINAN RANGKAIAN KATA DI SMP NEGERI 8 DUSUN SELATAN

Authors

  • Oktabiadaniaty Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Maman Suryaman Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author
  • Esti Swatika Sari Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.469

Keywords:

Minat membaca, permainan rangkaian kata, literasi, siswa SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa melalui penerapan metode permainan rangkaian kata di SMP Negeri 8 Dusun Selatan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat membaca siswa yang berdampak pada pemahaman bacaan dan prestasi akademik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest satu kelompok. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan berupa angket minat membaca dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada minat membaca siswa setelah diterapkan metode permainan rangkaian kata. Hal ini dibuktikan dari skor rata-rata angket minat membaca yang meningkat dari sebelum ke sesudah perlakuan. Selain itu, siswa menunjukkan sikap lebih antusias dan partisipatif dalam kegiatan membaca. Dapat disimpulkan bahwa metode permainan rangkaian kata efektif dalam meningkatkan minat membaca siswa dan dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran berbasis literasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Slamet, S. Y. (2015). Pengembangan Minat Membaca Anak. Yogyakarta: Ombak.

Depdiknas. (2016). Gerakan Literasi Sekolah: Panduan Pelaksanaan di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2016). Gerakan Literasi Sekolah: Panduan Pelaksanaan di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hurlock, E. B. (2006). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Piaget, J. (1970). The Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Viking Press.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slamet, S. Y. (2015). Pengembangan Minat Membaca Anak. Yogyakarta: Ombak.

Supriyadi, T. (2019). Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menyenangkan. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Downloads

Published

16-06-2025

How to Cite

MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI METODE PERMAINAN RANGKAIAN KATA DI SMP NEGERI 8 DUSUN SELATAN. (2025). AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 548-558. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.469

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

21-30 of 80

You may also start an advanced similarity search for this article.